PENGEMBANGAN MODEL TEACHING FACTORY DI STUDIO MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 SOMBA OPU

Muhammad, Muhammad Takdir (2018) PENGEMBANGAN MODEL TEACHING FACTORY DI STUDIO MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 SOMBA OPU. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
1.TESIS_MUHAMMAD TAKDIR (15B20028).pdf

Download (2MB) | Preview

Hasanah Nur, dan Purnamawati Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar Abstrak Tujuan penelitian ini adalah (1) menemukan model teaching factory yang sesuai untuk pembelajaran praktik di studio multimedia SMK Negeri 1 Somba Opu, (2) menghasilkan model teaching factory yang valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran praktik di studio multimedia SMK Negeri 1 Somba Opu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R & D (Research & Development). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Somba Opu dengan jumlah 20 orang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah adaptasi dari Model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari tiga tahapan utama yaitu; tahap studi pendahuluan (studi lapangan, analisis dokumen, analisis teori), tahap studi pengembangan (penyusunan konstruk model teaching factory, pengembangan model teaching factory), tahap uji coba (uji coba skala kecil, uji coba skala besar, finalisasi produk). Penelitian ini menghasilkan produk model pembelajaran teaching factory tujuh langkah (TEF-7P) dengan perangkat operasional yang terdiri dari buku Model TEF-7P, RPP, modul, jobsheet, dan LPPO. Tujuh langkah dari satu siklus model ini yaitu, promosi, pre-order, pre-produksi, produksi, post-produksi, packaging, dan penyerahan order. Kegiatan pada satu siklus pembelajaran model TEF-7P terdiri dari kegiatan soft skill dan hard skill. Model ini dilaksanakan dalam sistem blok dan rotasi, yang diakhiri dengan uji kompetensi. Model TEF-7P yang dikembangkan telah divalidasi oleh pakar dan telah mengalami revisi, serta telah di uji coba (skala kecil dan skala besar). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TEF-7P telah memenuhi kriteria kevalidan. Berdasarkan hasil uji coba, diperoleh bahwa model pembelajaran ini dinyatakan praktis diukur berdasarkan kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan efektif diukur berdasarkan aktivitas peserta didik, respon peserta didik terhadap perangkat operasional model dan pelaksanaannya, serta hasil tes pengerjaan order. Kata kunci : model pembelajaran, teaching tactory, studio multimedia

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Jan 2019 07:38
Last Modified: 29 Jan 2019 07:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11872

Actions (login required)

View Item View Item