Pengaruh Kecemasan Belajar Matematika, Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru, dan Iklim Kelas Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Tana Toraja

DJAFAR, .SUARTI (2015) Pengaruh Kecemasan Belajar Matematika, Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru, dan Iklim Kelas Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Tana Toraja. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SUARTI DJAFAR.docx

Download (14kB)

ABSTRAK SUARTI DJAFAR. Pengaruh Kecemasan Belajar Matematika, Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru, dan Iklim Kelas Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Tana Toraja . (Dibimbing oleh Ruslan dan Hisyam Ihsan). Masalah yang menjadi focus dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa sebagai output dari proses pembelajaran yang dijadikan sebagai cerminan utama mutu pendidikan dari suatu sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pengaruh kecemasan belajar, persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, iklim kelas, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah expost-facto yang bersifat kausalitas. Sampel penelitian sebanyak 239 yang dipilih dari siswa-siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Tana Toraja dengan menggunakan teknik penyampelan proporsional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen: (1) angket kecemasan belajar, (2) angket persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, (3) angket iklim kelas, (4) angket motivasi belajar, (5) tes hasil belajar. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan metode SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Tana Toraja memiliki kecemasan belajar pada kategori sedang, persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru pada kategori tinggi, iklim kelas pada kategori tinggi, motivasi belajar pada kategori tinggi, dan hasil belajar siswa pada kategori sedang, (2) kecemasan belajar berpengaruh positif dan signifikan (r= 0,193) terhadap hasil belajar, (3) persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru berpengaruh positif dan tidak signifikan (r = 0,070) terhadap hasil belajar, (4) iklim kelas berpengaruh positif dan tidak signifikan (r = 0,024) terhadap hasil belajar, (5) kecemasan belajar berpengaruh positif dan tidak signifikan (r = 0,009) terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar, (6) persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru berpengaruh negatif dan tidak signifikan (r = -0,009) terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar, (7) iklim kelas berpengaruh positif dan tidak signifikan ( r = 0,103 ) terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa. ABSTRACT SUARTI DJAFAR. The Influence of Anxiety in Learning Mathematics, Students’ Perception on Teacher’s Teaching Skills, and Classroom Climate on Learning Outcomes in Mathematics through Learning Motivation of Class VIII Students at SMPN in Tana Toraja (supervised by Ruslan and Hisyam Ihsan). The study aims at investigating the description and the influence of learning anxiety, students’ perceptions on teacher’s teaching skills, classroom climate, and learning motivation on learning outcomes of Mathematics. The study is an ex post facto with causality. The sample were 239 students of class VIII selected by employing proportional stratified random sampling. Data were collected using several instruments : (1) questionnaire of learning anxiety, (2) questionnaire of students’ perception on teacher’s teaching skills, (3) questionnaire of classroom climate, (4) questionnaire of learning motivation, and (5) test of learning outcomes. Data were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics with SEM method. The results of the study reveal that (1) class VIII students at SMP in Tana Toraja have medium learning anxiety, students’ perception on teacher’s teaching skills is in high category, the classroom climate is in high category, learning motivation is in high category, and learning outcomes is in medium category, (2) the learning anxiety gives positive and significant influence (r = 0,193) on learning outcomes, (3) students’ perception on teacher’s teaching skills give positive and significant influence (r = 0,070) on learning outcomes, (4) classroom climate gives negative and significant influence (r = 0,024) on learning outcomes, (5) learning anxiety gives positive but insignificant (r = 0,009) on learning outcomes through learning motivation, (6) students’ perception on teacher’s teaching skills give positive and significant influence (r = -0,009) on learning outcomes through learning motivation of students, (7) classroom climate gives negative and insignificant influence ( r = 0,103 ) on learning outcomes through learning motivation of students.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:01
Last Modified: 26 Oct 2016 03:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1187

Actions (login required)

View Item View Item