PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM IRIGASI SPRINKLER BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK PERTANIAN

SYAHRULYADI, BASO (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM IRIGASI SPRINKLER BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK PERTANIAN. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal.docx

Download (447kB)

BASO SYAHRULYADI, 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sistem Irigasi Sprinkler Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMK Pertanian. (Dibimbing oleh Abdul Muis Mappalotteng dan Jamaluddin P). Penelitian pengembangan ini bertujuan (i) untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran interaktif pada sistem irigasi sprinkler dengan Adobe Flash; (ii) untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik dengan pengembangan media pembelajaran interaktif pada sistem irigasi sprinkler dengan Adobe Flash; (iii) untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif pada sistem irigasi sprinkler dengan Adobe Flash; (iv) untuk mengetahui kelebihan dan kendala saat penggunaan media pembelajaran interaktif pada sistem irigasi sprinkler dengan Adobe Flash. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yang meliputi: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Hasil pengembangan media pembelajaran interaktif melalui validitas ahli dan tahap uji coba telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Pada tahap implementasi menunjukkan bahwa hasil respon peserta didik dari aspek materi diperoleh total skor rata-rata penilaian 89,82 % kategori baik dan aspek konstruk diperoleh total skor rata-rata penilaian 90,05 % kategori baik, sedangkan respon pendidik dari aspek materi diperoleh total skor rata-rata penilaian 89,98 % kategori baik dan aspek konstruk diperoleh total skor rata-rata penilaian 91,67 % kategori sangat baik. Dari hasil pengamatan belajar peserta didik menunjukkan ketuntasan belajar peserta didik telah memenuhi standar ketuntasan yakni 84,64 % dan hasil aktivitas peserta didik diperoleh skor 88.89 % berada pada kategori aktif. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan telah layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Sistem Irigasi Sprinkler.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Jan 2019 07:16
Last Modified: 29 Jan 2019 07:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11869

Actions (login required)

View Item View Item