EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI 4C BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KELAS X SMAN 1 MAROS

Warli, Dwi EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI 4C BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KELAS X SMAN 1 MAROS. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL Dwi Warli.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

, Program Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Negeri Makassar, Indonesia e-mail: dwi.warli@gmail.com ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) gambaran kesiapan guru dalam aspek ketersediaan perangkat pembelajaran (2) gambaran saat proses pembelajaran matematika berorientasi 4C berdasarkan kurikulum 2013 (3) gambaran hasil belajar matematika Siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika berorientasi 4C berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Maros. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dan menggunakan analisis data deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 dan memilih 1 siswa berkemampuan tinggi, 1 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan rendah untuk diwawancarai secara mendalam mengenai kendala atau hambatan yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa yaitu lembar observasi aktivitas siswa yang berorientasi 4C dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil evaluasi pada aspek perencanaan (antecedents) guru siap melaksanakan proses pembelajaran matematika berorientasi 4C berdasarkan kurikulum 2013. Pada aspek pelaksanaan (transaction) (1) proses Critical Thinking pada observasi pertama 80%, observasi kedua 80 %, dan observasi ketiga 90% tergolong berkategori tinggi dan kecenderungan siswa siap pada indikator memfokuskan pertanyaan, (2) proses Collaboration pada observasi pertama 80%, observasi kedua 80% dan observasi ketiga 100% tergolong berkategori tinggi dan kecenderungan siswa siap pada indikator berdiskusi (3) proses Communication pada observasi pertama 70% tergolong berkriteria rendah, observasi kedua 80% dan observasi ketiga 80% tergolong berkriteria tinggi dan kecenderungan siswa siap pada indikator kemampuan komunikasi lisan (4) proses Creativity pada observasi pertama 50% berkriteria rendah, observasi kedua dan observasi ketiga 75% tergolong berkriteria sedang dan kecenderungan siswa siap pada indikator keorisinilan dalam berfikir dan mampu mengelaborasikan suatu gagasan, Pada aspek hasil (outcomes) diperoleh ketuntasan klasikal hasil belajar siswa dengan menggunakan soal HOTS setalah melalui proses pembelajaran matematika berorientasi 4C sebesar 85,71% berkategori baik. Kata Kunci: evaluasi, proses pembelajaran, matematika berorientasi 4C 1

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Jun 2019 06:54
Last Modified: 18 Jun 2019 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11868

Actions (login required)

View Item View Item