KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BONTOMARANNU KABUPATEN GOWA

Nurindahsari, Nurindahsari (2019) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BONTOMARANNU KABUPATEN GOWA.

Full text not available from this repository.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keterampilan menulis teks narasi fabel dengan menggunakan media audio siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bontomarannu kabupaten Gowa, (2) keterampilan menulis teks narasi fabel menggunakan media audiovisual siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa dan (3) keefektifan penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran menulis teks narasi fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa. Populasi untuk penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa yang berjumlah 335 siswa yang terbagi atas 10 kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan VII2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa. Data pada proses pembelajaran ini berupa data proses pembelajaran dengan menggunakan media audio dan dengan menggunakan media audiovisual. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes. Data hasil proses pembelajaran dianalisis dengan metode kuantitatif dan menggunakan perhitungan statistik deskriptif dan inferensial yang dibantu dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan menulis teks narasi fabel dengan menggunakan media audio siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bontomarannu kabupaten Gowa dikategorikan rendah dengan melihat rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 60. (2) keterampilan menulis teks narasi fabel dengan menggunakan media audiovisual siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bontomarannu kabupaten Gowa dikategorikan tinggi setelah mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 75. (3) Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t paired samples test diperoleh t_(hitung ) sebesar (5,577) dan〖 t〗_(tabel )sebesar (1,669) pada taraf signifikasi 5% atau sebesar 0,05. Sehingga, H_a diterima dan H_0 ditolak yang berarti bahwa “Terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dimana nilai taraf signifikasi sebesar 5% atau α= 0,05. Jadi, penggunaan media audiovisual efektif diterapkan di SMP Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa”.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Divisions: Dewey Decimal Classification > FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Jan 2019 07:03
Last Modified: 29 Jan 2019 07:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11865

Actions (login required)

View Item View Item