PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN LABUANG BAJI II MAKASSAR

SURIATI, SURIATI (2019) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN LABUANG BAJI II MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (67kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Gambaran pemberian penguatan positif guru pada pembelajaran di kelas 4 SDN Labuang Baji 2 Makassar. (2) Gambaran motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah pemberian penguatan positif guru di kelas 4 SDN Labuang Baji 2 Makassar. (3) Adanya pengaruh yang signifikan dari pemberian penguatan positif guru terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 SDN Labuang Baji 2 Makassar. Jenis penelitian iniadalah penelitian eksperimen dengan bentuk Quasy Experiment Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan perlakuan penguatan guru mengalami peningkatan di setiap pertemuan baik dari segi keterlaksanaan pembelajaran guru maupun aktivitas belajar siswa; (2) Terdapat perbedaan motivasi belajar antara sebelum dan sesudah menggunakan perlakuan penguatan guru, hal tersebut juga terjadi pada aktivitas belajar siswa, terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah perlakuan pemberian penguatan guru. (3) Pemberian perlakuan penguatan guru berpengaruh positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Labuang Baji II Makassar . Hal ini dapat dilihat dari skor motivasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada skor rata-rata kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Jun 2019 06:49
Last Modified: 18 Jun 2019 06:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11864

Actions (login required)

View Item View Item