PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS EKOSISTEM KARST UNTUK KELAS VII SMP NEGERI 4 BANTIMURUNG

Dahniar, Dahniar and Arsyad, Muhmmad and Khaeruddin, Khaeruddin (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS EKOSISTEM KARST UNTUK KELAS VII SMP NEGERI 4 BANTIMURUNG. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (320kB) | Preview

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research)difokuskan pada pengembangan perangkat pembelajaran berbasis ekosistem karst. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap meliputi : (1) tahap pendefinisian (define),pada tahap ini meliputi menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat pembelajaran diawali dengan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan pembelajaran; (2) Tahap Perencanaan (design), pada tahap ini dilakukan penyususnan tes, pemilihan format, pemilihan media dan pembuatan rancangan awal; (3) Tahap pengembangan(Develop),pada tahap ini perangkat yang telah dirancang selanjutnya divalidasi oleh pakar / ahli kemudian dilakukan uji coba terbatas; (4) Tahap penyebaran (Disseminate), pada tahap ini perangkat pembelajaran dikemas dan dilakukan penyebaran skala kecil melalui MGMP IPA Tingkat SMP KabupatenMaros. Hasil validasi perangkat pembelajaran berbasis ekosistem karst yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan dengan koefisien validitas isi 1,00 (relevan) berdasarkan penilaian dua orang pakar untuk setiap bagian perangkat pembelajaran meliputi: RPP, Bahan Ajar, dan LKPD.Ujicobadilakukan di SMP Negeri 4 Bantimurung selama 3 pertemuan untuk melihat kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran berbasis ekosistem karst. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran praktis digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase 95 % (sebahagian besar terlaksana ) dan kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan skor 3,68 (sangat baik). Adapun keefektifan pengunaan perangkat pembelajaran diukur dengan melihat skor tes hasil belajar peserta didik sebanyak 18 dari 32 orang berada pada kategori sangat tinggi. Sehingga diperoleh bahwa penggunaan perangkat pembelajaran berbasis ekositem karst untuk peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Bantimurung telah valid, praktis, dan efektif. Kata kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran berbasis ekosistem karst, ekosistem karst

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Jan 2019 05:28
Last Modified: 29 Jan 2019 05:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11849

Actions (login required)

View Item View Item