Implementasi Pendekatan Ilmiah Kurikulum 2013 oleh Guru Bahasa Inggris Sekolah menengah Pertama (studi kasus di daearah pedesaan dan daerah perkotaan di Sulawesi Selatan)

KARTINI, KARTINI and Salija, Kisman and Sultan, Sultan (2018) Implementasi Pendekatan Ilmiah Kurikulum 2013 oleh Guru Bahasa Inggris Sekolah menengah Pertama (studi kasus di daearah pedesaan dan daerah perkotaan di Sulawesi Selatan). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
article.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan penerapan pendekatan saintifik kurikulum 2013 dan untuk mengetahui bagaimana persepsi mereka terhadap penerapan pendekatan ilmiah kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam bentuk wawancara dan observasi, semua data dianalisis melalui pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan pada Mei 2018. Subyek penelitian ini adalah dua guru sekolah menengah pertama di daerah pedesaan (sekolah A), yang terletak di kecamatan polombangkeng dan daerah perkotaan di kecamatan tamalate kota makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Kedua sekolah telah menjalankan scientific approach pada Kurikulum 2013 dengan baik dan memahami lima langkah dalam penerapan Scientific Approach. 2) Masih ada kekurangan dalam beberapa aspek yang ditemukan pada persepsi mereka; Pelaksanaannya tampak terburu-buru, para peserta memiliki keterbatasan alokasi waktu untuk menerapkan pendekatan ilmiah, kurangnya persiapan dalam hal buku teks dan pemahaman, situasi di ruang kelas terlalu ramai. Aspek-aspek ini tidak sepenuhnya selaras dengan karakteristik kurikulum 2013. Berdasarkan hasil ini, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan metode ilmiah kurikulum 2013 dalam mata pelajaran bahasa Inggris kelas tujuh yang dilakukan oleh guru bahasa Inggris belum sepenuhnya berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, praktik penerapan pendekatan ilmiah kurikulum 2013 membutuhkan peningkatan dalam aspek-aspek ini untuk mencapai tujuan dari implementasi kurikulum 2013. Kata Kunci: Kurikulum 2013, Pendekatan Ilmiah, Daerah Pedesaan, Daerah Perkotaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Jan 2019 05:24
Last Modified: 29 Jan 2019 05:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11830

Actions (login required)

View Item View Item