Hubungan Interaksi Dalam Keluarga dengan Perkembangan Sikap Mental Siswa di SMP Negeri 4 Parepare

Budiyanti, Eris Dian (2019) Hubungan Interaksi Dalam Keluarga dengan Perkembangan Sikap Mental Siswa di SMP Negeri 4 Parepare.

Full text not available from this repository.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) gambaran interaksi dalam keluarga siswa SMP Negeri 4 Parepare, 2) gambaran perkembangan sikap mental siswa SMP Negeri 4 Parepare. 3) hubungan antara interaksi dalam keluarga dengan sikap mental siswa di SMP Negeri 4 Parepare. Penelitian dilakukan dengan pendekatan statistik kuantitatif deskriptif. Variabel penelitian terdiri dari interaksi siswa dalam keluarga (variabel X) dan perkembangan sikap mental siswa (variabel Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan IX SMP Negeri 4 Parepare yang berjumlah 323 siswa dan ditarik sampel sebanyak 81 siswa. Teknik analisi data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa gambaran interaksi siswa dalam keluarga berada dalam kategori “baik” dan gambaran perkembangan sikap mental siswa tergolong dalam kategori “cukup baik”. Serta ada hubungan positif dan signifikan antara interaksi dalam keluarga dengan perkembangan sikap mental siswa di SMP Negeri 4 Parepare. Eris Dian Budiyanti, 2014. Hubungan Interaksi Dalam Keluarga dengan Perkembangan Sikap Mental Siswa di SMP Negeri 4 Parepare. Skripsi Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dalilul Falihin, S.Ag, M.Si dan Syarifah Balkis, S.Pd, M.Pd) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) gambaran interaksi dalam keluarga siswa SMP Negeri 4 Parepare, 2) gambaran perkembangan sikap mental siswa SMP Negeri 4 Parepare. 3) hubungan antara interaksi dalam keluarga dengan sikap mental siswa di SMP Negeri 4 Parepare. Penelitian dilakukan dengan pendekatan statistik kuantitatif deskriptif. Variabel penelitian terdiri dari interaksi siswa dalam keluarga (variabel X) dan perkembangan sikap mental siswa (variabel Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan IX SMP Negeri 4 Parepare yang berjumlah 323 siswa dan ditarik sampel sebanyak 81 siswa. Teknik analisi data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa gambaran interaksi siswa dalam keluarga berada dalam kategori “baik” dan gambaran perkembangan sikap mental siswa tergolong dalam kategori “cukup baik”. Serta ada hubungan positif dan signifikan antara interaksi dalam keluarga dengan perkembangan sikap mental siswa di SMP Negeri 4 Parepare. Eris Dian Budiyanti, 2014. Hubungan Interaksi Dalam Keluarga dengan Perkembangan Sikap Mental Siswa di SMP Negeri 4 Parepare. Skripsi Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dalilul Falihin, S.Ag, M.Si dan Syarifah Balkis, S.Pd, M.Pd) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) gambaran interaksi dalam keluarga siswa SMP Negeri 4 Parepare, 2) gambaran perkembangan sikap mental siswa SMP Negeri 4 Parepare. 3) hubungan antara interaksi dalam keluarga dengan sikap mental siswa di SMP Negeri 4 Parepare. Penelitian dilakukan dengan pendekatan statistik kuantitatif deskriptif. Variabel penelitian terdiri dari interaksi siswa dalam keluarga (variabel X) dan perkembangan sikap mental siswa (variabel Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan IX SMP Negeri 4 Parepare yang berjumlah 323 siswa dan ditarik sampel sebanyak 81 siswa. Teknik analisi data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa gambaran interaksi siswa dalam keluarga berada dalam kategori “baik” dan gambaran perkembangan sikap mental siswa tergolong dalam kategori “cukup baik”. Serta ada hubungan positif dan signifikan antara interaksi dalam keluarga dengan perkembangan sikap mental siswa di SMP Negeri 4 Parepare. Eris Dian Budiyanti, 2014. Hubungan Interaksi Dalam Keluarga dengan Perkembangan Sikap Mental Siswa di SMP Negeri 4 Parepare. Skripsi Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dalilul Falihin, S.Ag, M.Si dan Syarifah Balkis, S.Pd, M.Pd) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) gambaran interaksi dalam keluarga siswa SMP Negeri 4 Parepare, 2) gambaran perkembangan sikap mental siswa SMP Negeri 4 Parepare. 3) hubungan antara interaksi dalam keluarga dengan sikap mental siswa di SMP Negeri 4 Parepare. Penelitian dilakukan dengan pendekatan statistik kuantitatif deskriptif. Variabel penelitian terdiri dari interaksi siswa dalam keluarga (variabel X) dan perkembangan sikap mental siswa (variabel Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan IX SMP Negeri 4 Parepare yang berjumlah 323 siswa dan ditarik sampel sebanyak 81 siswa. Teknik analisi data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa gambaran interaksi siswa dalam keluarga berada dalam kategori “baik” dan gambaran perkembangan sikap mental siswa tergolong dalam kategori “cukup baik”. Serta ada hubungan positif dan signifikan antara interaksi dalam keluarga dengan perkembangan sikap mental siswa di SMP Negeri 4 Parepare.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Jan 2019 02:41
Last Modified: 29 Jan 2019 02:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11819

Actions (login required)

View Item View Item