PENGARUH BUDAYA ORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPS TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPS FIS UNM

MUSLIANTI, MUSLIANTI and Balkis, Syarifah and Said, Said (2018) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPS TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPS FIS UNM. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal .pdf

Download (332kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran budaya organisasi himpunan mahasiswa program studi pendidikan IPS. Untuk mengetahui tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dan dokumentasi. Data yang tekah diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis kuantitatif deskriptif untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi himpunan mahasiswa program studi pendidikan IPS terhadap pembentukan karakter mahasisw gamabaran pembentukan karakter mahasiswa program studi pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi himpunan mahasiswa program studi pendidikan IPS berada pada kategori baik, yang meliputi: inisiatif individual, pengarahan, intergrasi, dukungan manajemen, pola- pola komunikasi, toleransi terhadap konflik, kontrol, sistem imbalan, toleransi resiko, dan identitas. Pembentukan karakter mahasiswa tergolong dalam kategori baik ditinjau dari krakter jujur, terbuka, peduli, sadar hukum, hormat, dan tanggung jawab. Selanjutnya terdapat pengaruh dengan kategori sedang antara budaya organisasi dan pembentukan karakter mahasiswa di himpunan mahasiswa program studi pendidikan IPS FIS UNM. Keywords: budya, organisasi, karakter, mahasiswa, pembentukan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Jan 2019 06:47
Last Modified: 28 Jan 2019 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11804

Actions (login required)

View Item View Item