Deskripsi Proses Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Camba Kabupaten Maros

RADIATUL, ADAWIAH (2014) Deskripsi Proses Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Camba Kabupaten Maros. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
RADIATUL ADAWIAH,.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK RADIATUL ADAWIAH, 2014. Deskripsi Proses Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Camba Kabupaten Maros (Dibimbing oleh Ilham Minggi dan Awi Dassa). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang bertujuan untuk Mendeskripsikan proses kognitif dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan Taksonomi Bloom Berdimensi Dua yang berkaitan dengan jenis-jenis segitiga siswa kelas VII SMP Negeri 3 Camba Kabupaten Maros. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan instrumen pendukung terdiri dari Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes. Penyelesaian soal matematika dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 3 (tiga) orang, yang dibagi dalam tiga kategori yaitu, 1 (satu) orang berkemampuan tinggi, 1(satu) orang berkemampuan sedang, dan 1 (satu) orang berkemampuan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Subjek berkemampuan tinggi, sedang, maupun rendah, proses kognitif dalam menyelesaikan soal matematika mampu mengidentifikasi pengetahuannnya dalam memori jangka panjang dengan membuat gambar persegi yang didalamnya dibuat segitiga, (2) Subjek berkemampuan tinggi, dan sedang, proses kognitif dalam menyelesaikan soal matematika yaitu, kedua subjek mampu mengkonstruksi makna yaitu mengubah suatu bentuk gambar, menjadi bentuk yang lain berdasarkan soal yang diberikan, sedangkan subjek berkemampuan rendah sulit dalam mengkonstruksi makna, (3) Subjek berkemampuan tinggi menerpkan atau menggunakan prosedur dalam keadaan tertentu namun tidak samapi pada jawanban akhir, sedangkan subjek berkemampuan sedang maupun rendah sulit dalam menerapkan atau menggunakan suatu prosedur dalam keadaan tertentu. (4) Subjek berkemampuan tinggi dan sedang memecah-mecah materi menjadi bagian-bagian dari penyusunnya dan menentukan hubungan-hubungan antara bagian-bagian tersebut sehingga subjek menentukan gambar sesuai dengan jenis segitiga sedangkan subjek berkemampuan rendah sulit dalam memecah-mecah materi menjadi bagian-bagian dari penyusunnya, (5) Subjek berkemampuan tinggi merencanakan suatu prosedur untuk menyelesaiakan soal sedangkan subjek berkemampuan sedang maupun rendah sulit dalam membuat suatu hipotesis-hipotesis berdasarkan kriteria, (6) Subjek berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah sulit dalam mengambil suatu keputusanatau pertimbangan yang jelas dalam menemukan panjang kabel yang harus disiapkan dengan banyaknya segitiga yang telah ditentukan. ABSTRACT RADIATUL ADAWIAH, 2014. Description Of Mathematics Problem Solving Process Based On Revising Bloom Taxonomy At Grade VII Of Smp 3 Camba Maros Regency (Supervised by Ilham Minggi and Awi Dassa). The study is a qualitative study, which aims to describe the cognitive processes in solving math problem based on Bloom’s Taxonomy of Two Dimensions relating to the types of triangles at the seventh grade students of SMP Negeri 3 Camba, Maros. The main instrument in this study is the researcher. The data were collected by giving the test, solving math problems, and interviews. Research subjects consisted of three people, who were divided into three categories namely, one higly qualified person, one moderate-ability person, and one low-ability person. The results show that (1) the cognitive process of subjects with high, medium, or low abilities in solving mathematical problems is able to indentify knowledge in long-term memory by making the triangle inside a square image; (2) both highly and medium skilled subject are able to construct a meaning that is changing the shape of the image into another form based on the given problem, while the low-ability subject is difficult in constructing meaning; (3) highly skilled subject implements or uses a procedure in certain circumstances, but not until the final answer. While the medium and low ability subject are difficult to implement or use a procedure in certain circumstances; (4) both highly and medium skilled subject are breaking down the material into its constituent parts of and determine the relationships between the parts so that the subject determines the image according to the type of triangle. While the low ability has difficulty in breaking down the material into constituent parts; (5) the high qualified subject plans a procedure to answer the problem. While the medium and low ability subjects are difficult in making hypothesis based on the criteria; (6) the high, medium, and low ability subjects are difficult in making a decision or a clear consideration in finding the cable length should be prepared with a predetermined number of triangles.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:11
Last Modified: 26 Oct 2016 03:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1180

Actions (login required)

View Item View Item