MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MEMAHAMI KONSEP SIFAT CAHAYA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SD

Muslimin, Muslimin and Irfan, Muhammad and Sahabuddin, Erma Suryani (2015) MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MEMAHAMI KONSEP SIFAT CAHAYA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SD. Jurnal Penelitian Pendidikan "INSANI", 18 (2). pp. 92-98.

[img]
Preview
Text
Jurnal Pendidikan Insani.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
peer reviewer jurnal pendidikan Insani.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Meningkatkan Kreativitas Siswa Memahami Konsep Sifat Cahaya Melalui Pembelajaran Kontekstual di SD. Penelitian ini bertujuan: (1) merencanakan pembelajaran kontekstual; (2) melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontektual; (3) mengetahui kreatvitas siswa memahami materi sifat cahaya Setelah belajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Populasi penelitian adalah Siswa kelas V SD Negeri 240 Pinrang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan tes, wawancara langsung, pengamatan, dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa. Hasil penelitian adalah sebagai berikut; (1) dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SD Negeri 240 Pinran dapat meningkatkan kreativtas siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi sifat cahaya, (2) guru belum maksimal dalam merancang rencana pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontektual, (3) ada peningkatan kreativitas siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual karena siswa pada saat belajar siswa lebih aktif dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Kata kunci: cahaya, kreativitas, pembelajaran kontekstual

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 10 Jan 2019 07:54
Last Modified: 06 Jan 2022 08:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11752

Actions (login required)

View Item View Item