Parwoto, Parwoto (2009) MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSIF DALAM PRAKTEK PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. In: Seminar Sehari "Manajemen Pendidikan Inklusif di Indonesia, di Universitas Negeri Yogyakarta, 2 Agustus 2009, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
makalah manajemen pendidikan inklusif.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
PEER REVIEWER MAKALAH MANAJEMEN PENDIDIKAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Abstrak Praktek pembelajaran dalam sistem pendidikan inklusif membutuhkan panduan bagi para praktisi baik guru reguler maupun guru khusus, bahkan pimpinan sekolah. Banyak guru-guru mata pelajaran atau guru kelas mempunyai perasaan kurang mampu jika dihadapkan dengan siswa-siswa berkebutuhan khusus yang dipadukan. Kekurangpercayaan sebagian guru mata pelajaran atau guru kelas bayak didasarkan pada sejumlah faktor-faktor yang saling berhubungan. Adanya model keterampilan pengajaran dalam sistem pendidikan inklusif cenderung memperkaya pengalaman guru-guru untuk mengajar siswa berkebutuhan khusus secara individual perlu mendapat perhatian yang serius selain faktor proses organisasi dan pengelolaan. Proses organisasi adalah mengantisipasi, merencanakan dan mengatur sedemikian rupa agar siswa berkebutuhan khusus memiliki ketepatan untuk belajar. Proses pengelolaan meliputi keterampilan mengobservasi, menyajikan, menyesuaikan, dan membuat keputusan selama pengajaran berlangsung. Kata kunci : Manajemen PBM dalam Pendidikan Inklusif
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Herling HR Sahade |
Date Deposited: | 10 Jan 2019 05:45 |
Last Modified: | 10 Jan 2019 05:45 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11741 |
Actions (login required)
View Item |