Survei Tingkat Kesegaran Jasmani Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Pada Permainan Sepakbola Siswa SMA Negeri 6 Sidrap.Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar

ANAS, SUKAMDANI and Hasanuddin, Hasanuddin and Badaru, Benny (2018) Survei Tingkat Kesegaran Jasmani Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Pada Permainan Sepakbola Siswa SMA Negeri 6 Sidrap.Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
jurnal 13.pdf

Download (109kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengumpulkan data tingkat kesegaran jasmani terhadap kemampuan menggiring bola pada permainan sepakbola siswa SMA Negeri 6 Sidrap.Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 6 Sidrap dengan jumlah sampel 40 orang siswa berumur rentang 16-19 tahu yang dipilih secara random sampling. Secara teknik pengukurannya ada dua instrument yaitu tes kesegaran jasmani dan kemampuan menggiring bola yang terdiri dari tes lari cepat 60 meter, tes gantung angkat tubuh, baring duduk 60 detik, loncat tegak, lari 1200 meter yang disurvey dengan pendekatan kuantitatif untuk menggambarkan hubungan tingkat kesegaran jasmani terhadap kemampuan menggiring bola siswa SMA Negeri 6 Sidrap. Selanjutnya data-data penelitian dianalisis dengan statistik menggunakan apliaksi SPSS versi 15.00 dengan taraf signifikan 95% atau a=0,05. Berdasarkan hasil analisis data, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat kesegaran jasmani siswa terhadap kemampuan menggiring bola pada permainan sepakbola SMA Negeri 6 Sidrap rata-rata dalam klasifikasi sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesegaran jasmani siswa (X) berperan optimal terhadap kemampuan menggiring bola (Y) pada permainan sepakbola SMA Negeri 6 Sidrap, Hal ini dibuktikan pada hasil perhitungan korelasi Pearson diperoleh nilai r hitung (ro) = -0,024 ( P< 0,05), maka Hօ ditolak dan Hɪ diterima. Berarti ada keterkaitan yang signifikan terhadap tingkat kesegaran jasmani siswa terhadap kemampuan menggiring bola siswa SMA Negeri 6 Sidrap. Kata Kunci :Tingkat Kesegaran Jasmani, Kemampuan menggiring bola.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Jan 2019 02:30
Last Modified: 08 Jan 2019 02:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11733

Actions (login required)

View Item View Item