PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH: TINJAUAN MANAJEMEN

Ramli, Anwar and Musa, Chalid Imran and Hasan, Muhammad (2018) PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH: TINJAUAN MANAJEMEN. CV. Nur Lina Bekerjasama Pustaka Taman Ilmu, Makassar. ISBN 978-602-52680-4-5

[img]
Preview
Image
Pemberdayaan usaha mikro.jpg

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemasaran memang menjadi kendala banyak UMKM di Indonesia. Hal ini cukup wajar, karena masih banyak UMKM yang melakukan pengelolaan bisnisnya secara tradisional. Yaitu, cukup membuat produk baik dan tinggal menunggu konsumen datang. Hal ini tidak salah, namun tidak bisa membuat UKM memiliki daya saing di pasar yang semakin kompetitif.  Untuk itu, menjadi UKM berdaya saing tinggi harus dengan produk yang berkualitas, harga yang rasional, dan juga strategi pemasaran yang ampuh. Dengan strategi pemasaran yang ampuh, maka tujuan akhir sebuah perusahaan akan dapat tercapai secara optimal, yaitu memaksimalkan keuntungan perusahaan. Pada dasarnya pemasaran adalah strategi untuk meningkatkan nilai tambah untuk suatu produk. Di tengah persaingan usaha yang semakin padat, Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah harus punya kelebihan dibanding pesaing. Dalam pemasaran, produk UMKM harus diketahui keinginan konsumen sehingga Anda dapat menghadirkan produk yang diinginkan konsumen. Untuk itu, harus dilakukan evaluasi produk dengan melakukan inovasi untuk mendapatkan produk terbaik. UMKM akan sulit berkembang jika tidak mengetahui cara memasarkan suatu produk. Salah satu hal penting yang diaplikasikan melalui strategi pemasaran adalah strategi promosi. Kesuksesan suatu UMKM adalah ketika bisa menciptakan produk yang berkualitas serta memasarkan dengan baik. Di pemasaran juga ada strategi menganalisa perilaku konsumen. Pelaku UMKM harus melakukan analisa pesaing (analisa produk, strategi marketing pesaing). Persaingan yang semakin padat menuntut UKM untuk pintar dalam berpromosi dan mendistribusikan produk. Sehubungan dengan hal tersebut, maka penulisan buku yang berjudul Pemberdayaan Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah: Tinjauan Manajemen Pemasaran, perlu dilakukan untuk menyebarluasakan gagasan ilmiah terkait pemberdayaan UMKM. Buku ini merupakan hasil kajian penulis, yang bersumber dari penelitian Hibah Kompetitif Dikti.

Item Type: Book
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Muhammad Hasan
Date Deposited: 10 Jan 2019 07:55
Last Modified: 10 Jan 2019 07:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11704

Actions (login required)

View Item View Item