Studi Tentang Implementasi Kurikulum 2013 Pada Guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Di Smk Sasaran Sekabupaten Maros Tahun Pelajaran 2017-2018

WAJDI, RUSMIN and Suwardi, Suwardi and Jamaluddin, Jamaluddin (2018) Studi Tentang Implementasi Kurikulum 2013 Pada Guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Di Smk Sasaran Sekabupaten Maros Tahun Pelajaran 2017-2018. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL29.pdf

Download (133kB) | Preview

, 2018. (Dibimbing oleh dan ) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran dan kendala yang dialami guru mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di SMK sasaran sekabupaten maros pada tahun pelajaran 2017-2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif jenis penelitian campuran (mixed methodology) yaitu metode yang memadukan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru SMK yang mengajar mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada tingkatan kelas yang telah menjalankan kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2017-2018 yaitu pada 11 sekolah dengan jumlah guru sasaran 11 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai persentase RPP seluruh guru adalah 89,36 % masuk dalam kategori baik. Sedangkan keterampilan melaksanakan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 guru pendidikan jasmani, olahrga dan kesehatan pada SMK sekabupaten Maros secara umum masuk kategori cukup, hal ini terjadi karena hasil rata-rata persentase keterampilan seluruh guru adalah 75,92 %. Kendala yang dihadapi guru pendidikan jasmani, olahrga dan kesehatan di SMK sekabupaten Maros dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran antara lain : (1) Guru masih kurang paham tentang kurikulum 2013, (2) Guru kurang pandai menggunakan komputer, (3) Prosedur menyusun RPP terlalu rumit dan cepat berubah. Sedangkan kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran antara lain : (1) Kesulitan guru mengatur durasi waktu pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SMK yang singkat, (2) Ketersediaan sarana prasarana di sekolah yang kurang memadai, (3) Minat dan motifasi siswa mengikutu materi-materi tertentu yang agak rendah dan (4) Jumlah siswa yang kurang membuat guru kesulitan melakukan permainan olahraga.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Dec 2018 06:06
Last Modified: 28 Dec 2018 06:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11698

Actions (login required)

View Item View Item