HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BEBASIS MASALAH DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA SD SE-KELURAHAN KASSI-KASSI KOTA MAKASSAR

Fitriani, Fitriani (2018) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BEBASIS MASALAH DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA SD SE-KELURAHAN KASSI-KASSI KOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL TESIS.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) memperoleh gambaran persepsi siswa terhadap implementasi pembelajaran berbasis masalah (2) memperoleh gambaran prestasi belajar siswa (3) memperoleh hubungan persepsi siswa terhadap implemetasi pembelajaran berbasis masalah dengan prestasi belajar matematika siswa pada SD Se-Kelurahan Kassi-Kassi Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah Ex Post Facto. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar dan variabel bebasnya adalah implementasi pembelajaran berbasis masalah. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SD Se-Kelurahan Kassi-Kassi Kota Makassar yaitu berjumlah 1.239 siswa dengan sampel berjumlah 127 orang siswa kelas V yang diambil secara purposive sampling. Untuk mengetahui hasil penelitian, peneliti menggunakan instrument angket untuk mengukur persepsi siswa terhadap implementasi pembelajaran berbasis masalah serta dokumentasi. Tingkat persepsi siswa terhadap implemetasi pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika siswa SD Se-Kelurahan Kassi-Kassi Kota Makassar berada pada kategor sedang sedangkan indikator keberhasilan prestasi belajar siswa berada pada kategori tinggi. Terdapat hubungan rendah positif dan searah antara persepsi siswa tentang implementasi pembelajaran berbasis masalah dengan prestasi belajar siswa. Hubungan Persepsi siswa tentang Implementasi pembelajaran berbasis masalah dengan prestasi belajar matematika siswa pada SD Se-Kelurahan Kassi-Kassi Kota Makassar didapatkan memiliki hubungan yang rendah yaitu 0,175. Kata kunci: Implementasi pembelajaran berbasis masalah, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Dec 2018 05:42
Last Modified: 28 Dec 2018 05:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11694

Actions (login required)

View Item View Item