Interferensi Sintaksis Bahasa Indonesia pada Karangan Narasi Bahasa Bugis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep

ARRAHMAN, ARRAHMAN and Syamsudduha, Syamsudduha and Taufik, Muh. (2018) Interferensi Sintaksis Bahasa Indonesia pada Karangan Narasi Bahasa Bugis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL (Ar Rahman 1455041015).pdf

Download (89kB)

Abstract

mendeskripsikan bentuk interferensi sintaksis pada tataran frasa, klausa, dan kalimat bahasa Indonesia yang ditemukan dalam karangan narasi bahasa Bugis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah bentuk interferensi dalam bidang sintaksis pada tataran (frasa, klausa, dan kalimat) bahasa Indonesia yang ditemukan dalam karangan narasi bahasa Bugis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep. Sumber data dalam penelitian ini adalah karangan narasi bahasa Bugis yang dibuat oleh 37 orang siswa dwibahasawan Bugis-Indonesia. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik dokumentasi, teknik baca, dan teknik catat. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui beberapa tahap: (1) membaca karangan narasi bahasa Bugis yang ditulis oleh siswa, (2) mencatat bentuk interferensi sintaksis bahasa Indonesia yang ditemukan, (3) mengidentifikasi bentuk interferensi sintaksis bahasa Indonesia yang ditemukan, (4) mengklasifikasikan bentuk interferensi sintaksis bahasa Indonesia yang ditemukan, (5) mendeskripsikan dan menjabarkan bentuk interferensi sintaksis bahasa Indonesia yang ditemukan, (6) membuat kesimpulan sebagai hasil temuan penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bentuk interferensi sintaksis bahasa Indonesia pada karangan narasi bahasa Bugis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep ditemukan pada tataran frasa, klausa, dan kalimat. Pada tataran frasa berupa: (1) penggunaan gabungan kata pertama berbahasa Indonesia, kata kedua berbahasa Bugis; dan (2) penggunaan kata pertama berbahasa Bugis, kata kedua dari bahasa Indonesia. Pada tataran klausa berupa: (1) penggunaan serpihan kata bahasa Indonesia; dan (2) penggunaan konjungsi dalam bahasa Indonesia. Pada tataran kalimat berupa: (1) penggunaan kata yang tidak tepat; dan (2) penggunaan struktur kalimat yang tidak tepat. Kata Kunci: Interferensi Sintaksis, Bahasa Indonesia, Karangan Narasi, Bahasa Bugis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Dec 2018 06:38
Last Modified: 27 Dec 2018 06:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11691

Actions (login required)

View Item View Item