Analisis Tingkat Kesegaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Penjas Siswa SMK Negeri 4 Makassar

MAHRUS, MAHRUS and Nur, Masjumi and Muhammadong, Muhammadong (2018) Analisis Tingkat Kesegaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Penjas Siswa SMK Negeri 4 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL MAHRUS 1131040127.pdf

Download (68kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kesegaran jasmani dan prestasi belajar Penjas siswa SMK Negeri 4 Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah “1. Bagaimana tingkat kesegaran jasmani siswa SMK Negeri 4 Makassar. 2. Bagaimana prestasi belajar siswa SMK Negetri 4 Makassar. 3. Bagaimana keterkaitan tingkat kesegaran jasmani terhadap prestasi belajar siswa SMK Nedgeri 4 Makassar. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan satu variabel bebas yaitu tingkat kesegaran jasmani dan variabel terikat yaiutu prestasi belajar Penjas. Secara random sampling dipilih sampel sebanyak 40 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes TKJI yaitu tes lari 60 meter, angkat tubuh, baring duduk, loncat tegak dan lari 1200 meter. Dan prestasi belajar Penjas melalui nilai raport. Teknik analisis data diolah dengan statistik persentase dengan menggunakan bantuan komputer melalui program SPSS.Berdasarkan analisis persentase data diperoleh hasil: Secara umum tingkat kesegaran jasmani siswa SMK Negeri 4 Makassar termasuk kategori sedang sebanyak 29 orang (72.5 %). Prestasi Belajar Penjas siswa SMK Negeri 4 Makassar termasuk kategori baik sebanyak 30 orang (76 %). Sedangkan hasil analisis korelasi antara tingkat kesegaran jasmani terhadap prestasi belajar Penjas sebesar R= 0,617. Berkontribusi sebesar 38.0 %. Kata Kunci : Analisis Tingkat Kesegaran Jasmani, Prestasi Belajar Penjas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Dec 2018 06:50
Last Modified: 20 Dec 2018 06:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11672

Actions (login required)

View Item View Item