Eksplorasi Kemampuan Guru Menganalisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Negeri 17 Makassar

KHADIJAH, KHADIJAH (2013) Eksplorasi Kemampuan Guru Menganalisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Negeri 17 Makassar. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
KHADIJAH..docx

Download (21kB)

ABSTRAK KHADIJAH. 2013. Eksplorasi Kemampuan Guru Menganalisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Negeri 17 Makassar. (Dibimbing oleh Djadir dan Ilham Minggi) Berdasarkan pengalaman peneliti dalam mengajarkan materi himpunan di kelas VII SMP, siswa sering mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal pada materi himpunan. Kesalahan yang dilakukan siswa perlu dianalisis dan ditindaklanjuti oleh guru karena kemampuan analisis terhadap kesalahan siswa termasuk dalam kompetensi pedagogik yang harus dimiliki guru dan agar kesalahan tersebut tidak terulang lagi, maka perlu adanya ekplorasi terhadap kemampuan guru menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi himpunan di kelas VII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi himpunan di kelas VII SMP. Hal ini dimaksudkan agar guru mengetahui apa yang guru ketahui tentang kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dan dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di kelas VII SMP Negeri 17 Makassar, dengan memilih 2 subjek guru dan untuk setiap subjek guru, dipilih 1 orang subjek siswa dengan skor terendah berdasarkan hasil tes diagnostik. Dari kedua subjek guru diperoleh data hasil pemeriksaan subjek guru terhadap tes diagnostik, hasil wawancara subjek guru dan subjek siswa, dan hasil laporan guru tentang analisis kesalahan siswa, yang digunakan untuk mengungkap kemampuan guru menganalisis kesalahan siswa dan dari kedua subjek siswa diperoleh data hasil tes diagnostik dan data hasil wawancara, data dari subjek siswa tersebut untuk mengungkap jenis-jenis dan faktor penyebab kesalahan siswa yang digunakan sebagai pembanding antara hasil pengamatan guru dengan hasil pengamatan peneliti. Data tersebut dianalisis dengan langkah-langkah: (1) Reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) penarikan kesimpuan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan subjek guru G1 dan G2 memiliki rata-rata kemampuan yang hampir sama yaitu kemampuan cukup dalam menganalisis kesalahan siswa. Subjek guru G1 dan G2 memiliki rata-rata kemampuan cukup untuk kriteria membedakan, mengorganisasi, mengatribusikan, dan merencanakan tindak lanjut terhadap kesalahan yang dilakukan siswa dan memiliki kemampuan tinggi untuk kriteria membuat kesimpulan terhadap analisis kesalahan yang dilakukan siswa. Kata Kunci: guru dalam analisis kesalahan, kemampuan menganalisis kesalahan ABSTRACT Khadijah. 2013. The Exploration of Teachers’ Ability in Analyzing Students’ Error in Answering Questions in The Topic of Set at Seventh grade of SMP Negeri 17 Makassar. (Supervised by Djadir and Ilham Minggi) Based on the author’s experience in teaching set in grade VII junior high school, students generally make error in answering questions in the topic of set. The error made by students should be analyzed and followed up by teachers since the ability in analyzing students’ error is a pedagogic skill which must be had by teachers. To avoid the repeatedness of the error, it is necessary to do exploration toward teachers’ ability in analyzing students’ error in solving problems related to set in grade VII SMP. It is aimed that teachers are aware of what they know about students’ error in solving mathematics problem and the quality of teaching learning process can be improved. The present research is a qualitative research conducted in grade VII SMP Negeri 17 Makassar, by selecting two teachers, G1 and G2, as the subject of the research. Of each teacher, the student with the lowest score was selected based on a diagnostic test. From the two teachers, data of the teachers’ assessment on the diagnostic test, interview between the teachers and the students, and teachers’ report of students’ error analysis were obtained used to uncover teachers’ ability in analyzing students’ error. Meanwhile, from the students, data of the diagnostic test and interview were obtained to uncover the kinds and the causes of students’ error used as a comparator between the teachers’ assessment and the researcher’s assessment. The data were analyzed using several steps namely: (1) data reduction; (2) data provision; and (3) data verification. The result of the analysis suggests that the teacher G1 and the teacher G2 generally have the same ability namely the ability in analyzing students’ error. In addition, they have adequate ability in the criteria of distinguishing, distributing, and planning the continuance of the error made by the students. Furthermore, they have good ability in the criterion of drawing conclusion of the analysis of error made by the students. Keywords : teacher in analyzing error, ability in analyzing erro

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:11
Last Modified: 26 Oct 2016 03:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1167

Actions (login required)

View Item View Item