Kontribusi Kekuatan Lengan, Kekuatan Otot Perut dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Kemampuan Renang 50 Meter Gaya Bebas Pada Mahasiswa FIK UNM

KADARI, DANDY SETIAWAN (2018) Kontribusi Kekuatan Lengan, Kekuatan Otot Perut dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Kemampuan Renang 50 Meter Gaya Bebas Pada Mahasiswa FIK UNM. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
jurnal DANDY.pdf

Download (133kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kontribusi antara kekuatan lengan terhadap kecepatan renang 50 meter gaya bebas pada mahasiswa FIK UNM (2) Kontribusi antara kekuatan otot perut terhadap kecepatan renang 50 meter gaya bebas pada mahasiswa FIK UNM (3) Kontribusi antara kekuatan otot tungkai terhadap kemampuan renang 50 meter gaya bebas pada mahasiswa FIK UNM (4) Kontribusi antara kekuatan lengan, kekuatan otot perut dan kekuatan otot tungkai terhadap kecepatan renang 50 meter gaya bebas pada mahasiswa FIK UNM. Penelitian ini termasuk jenis penelitian regresi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa FIK UNM makassar. Jadi jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 41 orang. Dengan jumlah sampel penelitian 30 orang yang dipilih secara random sampling. Teknik analisis data yang di gunakan adalah teknik analisis deskriftip, normalitas data dan regresi dengan menggunakan sistem SPSS Versi 16.00 pada taraf signifikan 95% atau 0,05. Berdasarkan dari hasil analisis data, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Kekuatan otot lengan memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kemampuan renang 50 meter gaya bebas pada mahasiswa FIK UNM sebesar 57,1%; (2) Kekuatan otot perut memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kemampuan renang 50 meter gaya bebas pada mahasiswa FIK UNM sebesar 47,2%; (3) Kekuatan otot tungkai memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kemampuan renang 50 meter gaya bebas pada mahasiswa FIK UNM sebesar 72,7%; dan (4) Kekuatan lengan, kekuatan otot perut dan kekuatan otot tungkai memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kemampuan renang 50 meter gaya bebas pada mahasiswa FIK UNM sebesar 69,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Dec 2018 03:55
Last Modified: 20 Dec 2018 03:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11667

Actions (login required)

View Item View Item