EKSPEKTASI IBU TERHADAP MASA DEPAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN EKONOMI (STUDI KASUS PADA IBU PENGOLAH JAMBU METE DI DESA FONGKANIWA KECAMATAN TONGKUNO KABUPATEN MUNA)

Faisal, Jumiati (2018) EKSPEKTASI IBU TERHADAP MASA DEPAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN EKONOMI (STUDI KASUS PADA IBU PENGOLAH JAMBU METE DI DESA FONGKANIWA KECAMATAN TONGKUNO KABUPATEN MUNA). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL JUMIATI FAISAL 1494040014.pdf

Download (462kB) | Preview

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ekspektasi ibu pengolah jambu mete di Desa Fongkaniwa terhadap masa depan keluarga dalam perspektif pendidikan ekonomi dan mengetahui peran ibu pengolah jambu mete di Desa Fongkaniwa terhadap pendidikan ekonomi dalam keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah ibu pengolah jambu mete di Desa Fongkaniwa. Hasil penelitian ini yaitu: Ekspektasi ibu terhadap kebutuhan fisiologis yaitu ibu pengolah jambu mete berharap bisa mengonsumi makanan yang sehat, menggunakan pakaian yang bagus, memiliki rumah yang lebih baik, serta berharap anak-anaknya agar melebihi jenjang pendidikan yang didapat oleh kedua orang tuanya. Ekspektasi ibu terhadap kebutuhan rasa aman yaitu ibu pengolah jambu mete berharap bisa memiliki rasa nyaman saat bekerja dan untuk jaminan kesehatan dan keselamatan keluarga ibu pengolah jambu mete berharap pada kartu jaminan kesehatan ( BPJS ) yang telah disediakan oleh pemerintah. Ekspektasi ibu terhadap kebutuhan sosial yaitu ibu pengolah jambu mete mengharapkan agar suami dapat membantu dalam menjemur atau mengupas kulit jambu mete dan terjaganya komunikasi di antara mereka, anak-anaknya dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dalam rumah dan memberikan perhatian kepada kedua orang tuanya, serta berharap agar mereka bisa membantu masyarakat Desa Fongkaniwa yang sedang memerlukan bantuan, baik dalam bentuk materi ataupun tenaga. Ekspektasi terhadap kebutuhan penghargaan diri ibu pengolah jambu mete mengharapkan status sosial keluarganya dapat meningkat dengan tingginya jenjang pendidikan yang ditempuh oleh anak, dan tidak berharap mendapatkan pujian dari orang lain. Ekspektasi terhadap kebutuhan aktualisasi diri yaitu ibu pengolah jambu mete berharap adanya pelatihan pengolahan jambu mete serta pemberian bantuan alat pengolah jambu mete. Ibu pengolah jambu mete telah mengajarkan pendidikan ekonomi dalam keluarga serta menanamkan nilai sikap yang bisa menjadi bekal bagi anak untuk membantu mewujudkan berbagai ekspektasi yang diharapkan oleh ibunya. Kata kunci: Ekspektasi ibu, pendidikan ekonomi dalam keluarga

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Dec 2018 07:23
Last Modified: 19 Dec 2018 07:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11664

Actions (login required)

View Item View Item