Pengaruh Guru sebagai Motivator terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Makassar

MUSRIANA, MUSRIANA and Ngampo, M. Yusuf A. and Hasyim, Sitti Hajerah (2018) Pengaruh Guru sebagai Motivator terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (637kB)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh guru sebagai motivator terhadap hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Makassar yang berjumlah 144 siswa, sampel 35 siswa kelas XI IPS 4, dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, analisis koefisien korelasi product moment dan uji t dengan menggunakan SPSS 20 for windows. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana maka diperoleh persamaan Ŷ=74,805+0,688X, artinya setiap penambahan satu satuan nilai guru sebagai motivator maka akan meningkat hasil belajar siswa sebesar 0,688 satuan. Hasil korelasi product moment (r) diperoleh sebesar 0,535 atau sebesar 53,5% menunjukkan hubungan antara guru sebagai motivator dengan hasil belajar siswa dalam kategori sedang. Hasil uji-t diperoleh nilai signifikan 0,00<0,05 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Makassar, sehingga dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis penelitian diterima. Kata Kunci: Guru sebagai Motivator, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Dec 2018 06:29
Last Modified: 19 Dec 2018 06:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11662

Actions (login required)

View Item View Item