Peningkatan Hasil Belajar Dengan Model Problem Based Instruction Pada Mata Pelajaran Kecantikan Dasar Di Jurusan Tata Kecantikan Di SMK Negeri 2 Gowa

Pamungkas, Albar Aprilia Samudera and Hading, St. Aisyah and Riwayani, Rika (2018) Peningkatan Hasil Belajar Dengan Model Problem Based Instruction Pada Mata Pelajaran Kecantikan Dasar Di Jurusan Tata Kecantikan Di SMK Negeri 2 Gowa. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL - ALBAR APRILLA SAMUDERA PAMUNGKAS - 1328040005.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui model Problem Based Intruction (PBI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kecantikan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Gowa. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil 2017/2018. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X Tata Kecantikan dengan jumlah 29 siswa. Tindakan ini dilaksanakan 2 siklus, masing-masing terdiri 6 kali pertemuan. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes evaluasi hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan hasil belajar pada materi kecantikan dasar, rata-rata hasil belajar pada siklus I 78,97 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,86. Ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran PBI dapat meningkatkan hasil belajar kecantikan dasar. Kata kunci: Problem Based Instruction(PBI), Hasil Belajar, Kecantikan Dasar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Jun 2019 03:21
Last Modified: 13 Jun 2019 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11658

Actions (login required)

View Item View Item