STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NELAYAN BERBASIS KOMUNITAS IBU RUMAH TANGGA DALAM PENGOLAHAN KERUPUK RUMPUT LAUT (STUDI DI DESA SALEMBA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA)

Mufliana A, Mufliana A and Yunus, Muchtar and Rakib, Muhammad (2018) STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NELAYAN BERBASIS KOMUNITAS IBU RUMAH TANGGA DALAM PENGOLAHAN KERUPUK RUMPUT LAUT (STUDI DI DESA SALEMBA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL MUFLIANA A 1494040010.pdf

Download (514kB) | Preview

Tujuan Penelitian ini untuk menjelaskan tingkat partisipasi ibu rumah tangga dalam pemberdayaan pengolahan rumput laut., menjelaskan faktor-faktor internal dan eksternal pemberdayaan ibu rumah tangga dalam pengolahan kerupuk rumput laut, menjelaskan rumusan strategi yang digunakan dalam pemberdayaan masyarakat nelayan berbasis ibu rumah tangga di Desa Salemba Kec.Ujung Loe Kab. Bulukumba, serta menentukan prioritas strategi yang digunakan. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, cara pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap objek penelitian kemudian dianalisis menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian didapatkan tingkat partisipasi ibu rumah tangga dalam mengikuti pelatihan dan bergabung dalam kelompok Mekar masih dianggap kurang, dikarenakan beberapa factor yang menjadi hambatan yaitu perbedaan waktu luang yang dimiliki ibu rumah tangga dan kurangnya minat bergabung dalam kelompok Mekar, dalam penelitian ini didapatkan factor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi pemberdayaan masyarakat nelayan berbasis komunitas ibu rumah tangga dalam pengolahan rumput laut, sehingga didapatkan beberapa strategi yaitu Pertama, strategi membuat deiversifikasi produk rumput laut, mengembangkan usaha kelompok pengolahan rumput laut. Kedua, melakukan kerjasama dengan perusahaan, mengadakan studi banding pada usaha pengolahan rumput laut lainnya. Ketiga, memberikan pemahaman kepada ibu rumah tangga akan pentingnnya pengolahan rumput laut. Keempat, merancang pelatihan yang variatif. Kata Kunci : Strategi Pemberdayaan, Masyarakat Nelayan, Komunitas Ibu Rumah Tangga

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Dec 2018 07:17
Last Modified: 18 Dec 2018 07:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11653

Actions (login required)

View Item View Item