PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI MANGASA KABUPATEN GOWA

NURFADHILLAH, ANDI INDRA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI MANGASA KABUPATEN GOWA. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ANDI INDRA NURFADHILLAH.pdf

Download (126kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui gambaran pelaksanaan model pembelajaran bermain kreatif dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri Mangasa Kabupaten Gowa, (ii) mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Mangasa Kabupaten Gowa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran bermain kreatif, (iii) mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran bermain kreatif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Mangasa Kabupaten Gowa. Jenis penelitian merupakan true eksperiment dengan rancangan Pre-Test Post-Test Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Mangasa Kabupaten Gowa.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 36 siswa.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 24 siswa.12 siswa kelas IVA dan 12 siswa kelas IVB. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok control dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (i) pelaksanaan model pembelajaran bermain kreatif pada pembelajaran IPS di kelas IV dimulai dengan pembentukan kelompok kontrol dan eksperimen, kemudian diadakan Pretest, penyajian materi selama 4 kali pertemuan dengan menggunakan berbagai jenis permainan, dan diakhiri dengan Posttest (ii) rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran bermain kreatif mengalami peningkatan dibandingkan sebelum menggunakan model pembelajaran bermain kreatif. (iii) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran bermain kreatif terhadapa hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Mangasa Kabupaten Gowa. Kata kunci: Bermain Kreatif, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Dec 2018 05:40
Last Modified: 18 Dec 2018 05:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11652

Actions (login required)

View Item View Item