Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Group Share (TGS) Pada Siswa kelas VII SMP se-Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba

SASTRA PAEBA, EBMAH DWIE (2014) Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Group Share (TGS) Pada Siswa kelas VII SMP se-Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
EBMAH DWIE SASTRA PAEBA..docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK EBMAH DWIE SASTRA PAEBA. 2014. Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Group Share (TGS) Pada Siswa kelas VII SMP se-Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba (dibimbing oleh Hamzah Upu dan Abdul Rahman). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini akan melihat hasil perlakuan Think Group Share (TGS) pada materi aritmatika sosial. Efektifitas yang dimaksud dilihat dari (1) aktivitas siswa, (2) respon siswa, dan (3) hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP se-Kecamatan Ujung Loe Kab. Bulukumba, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Neg. 9 Bulukumba dan siswa kelas VIIA SMP Neg. 10 Bulukumba yang dipilih secara random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi aktivitas siswa, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Data yang telah dikumpulkan dengan menggunakan instrument-instrumen selanjutnya dianalisis secara deskriptif (aktivitas siswa selama pembelajaran, respon siswa, serta hasil belajar siswa), dan inferensial (melihat perbedaan antara skor Pretest dan skor Posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahawa ativitas siswa dalam pembelajaran pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Group Share berada pada kategori baik. Respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Group Share termasuk dalam kategori positif. Hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Group Share berada pada kategori tinggi sehingga dapat disimpulakan bahawa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Group Share cukup efektif diterapkan di kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Ujung Loe. ABSTRACT EBMAH DWIE SASTRA PAEBA. 2014. The Effectiveness of Cooperative Learning Model of Think Group Share Type of Class VII Students at SMP in Ujung Loe Subdistrict of Bulukumba District (supervised by Hamzah Upu and Abdul Rahman). The study is an experiment research, which aims at examining the treatment result of TGS (Think Group Share) on social arithmetic material. The intended effectiveness are (1) students` activities, (2) students` responses, and (3) students` learning result. The population of the study was SMP students in Ujung Loe subdistrict of Bulukumba district; whereas, the samples were class VIIIB students at SMP 9 Bulukumba and class VII A students at SMP 10 Bulukumba chosen using random sampling technique. The instruments used in collecting the data were observation of students activities, questionnaire of students` response and test of learning result. Data were then analyzed descriptively (students activities during the learning students` response, and studens` learning result) and using inferential analysis (examining the differences between and pretest and posttes scores). The result of the study reveal that students` activities in learning using cooperative learning model of TGS type is in good category, students` responses on the tools and learning of cooperative learning model of TGS type is in positive category, students` learning result taught using cooperative learning model of TGS type is in high category. Thus, the conclusion of the study is the implementation of cooperative learning model of TGS type is adequately effective to be implemented in class VII at SMPN in Ujung Loe subdistrict of Bulukumba district.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:10
Last Modified: 26 Oct 2016 03:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1162

Actions (login required)

View Item View Item