FLUKTUASI SISWA YANG BERMASALAH (STUDI PADA PELANGGARAN TATA TERTIB SISWA SMA NEGERI 6 MAKASSAR KELURAHAN BIRA KECAMATAN TAMALANREA)

RAMADHAN, MUH WAHYU (2018) FLUKTUASI SISWA YANG BERMASALAH (STUDI PADA PELANGGARAN TATA TERTIB SISWA SMA NEGERI 6 MAKASSAR KELURAHAN BIRA KECAMATAN TAMALANREA). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI.docx

Download (45kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) apa penyebab terjadinya pelanggaran tata tertib dikalangan siswa di SMA Negeri 6 Makassar (2) bagaimana dampak terjadinya pelanggaran tata tertib terhadap solidaritas sosial dikalangan siswa di SMA Negeri 6 Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian derkriptif pendekatan kualitatif. Adapun jumlah informan pada penelitian ini terdiri 7 informan yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data temuan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penyebab terjadi pelanggaran tata tertib dikalangan siswa di SMA Negeri 6 Makassar yaitu kurangnya nilai dan pengetahuan agama pada diri siswa, kurangnya pengetahuan tentang pendidikan moral dari orang tua, pengaruh teknologi yang semakin canggih serta faktor lingkungan keluarga dan teman sebaya yang kurang baik, (2) dampak terjadinya pelanggaran tata tertib terhadap solidaritas sosial dikalangan siswa di SMA Negeri 6 Makassar yaitu dampak positif yakni siswa yang memilik moral yang sama (buruk), justru mengalami penguatan dalam hal solidaritas sosial dikalangan geng mereka khususnya dalam hal persatuan mereka. Sedangkan, dampak negatif yakni siswa yang moralnya kurang bagus dengan siswa yang dianggap moralnya bagus, justru mengalami kelonggaran atau hubungan mereka menjadi renggang dikarenakan sebagian dari mereka ada yang tidak suka karena moralnya yang kurang bagus (nakal) dan takut terpengaruh.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Dec 2018 02:18
Last Modified: 13 Dec 2018 02:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11610

Actions (login required)

View Item View Item