Identifiksi Sumber Belajar pada Pembelajaran Berbasis Lingkungan di Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Arsal, Andi Faridah and Dirawan, Gufran Darma and Hala, Yusminah and Tahmir, Suradi and Arifin, arifah novia and Bahri, Arsad (2017) Identifiksi Sumber Belajar pada Pembelajaran Berbasis Lingkungan di Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. SAINSMAT "Jurnal Sains, Matematika, dan Pembelajarannya", 6 (2). pp. 73-83. ISSN 2086-6755

[img]
Preview
Text
Sainsmat dengan a. faridah.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hasil Peer Review identifikasi sumber belajar.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengidentifikasi sistem pendukung utama dalam desain pembelajaran berbasis lingkungan di Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. (2) Mengetahui pemanfaatkan sumber belajar berbasis lingkungan di Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Melalui instrumen Needs Assesment berupa observasi lapangan, survey kuesioner, dan wawancara pada dosen dan mahasiswa diidentifikasi masalah guna menentukan tindakan yang tepat untuk tahap selanjutnya, sehingga desain pembelajaran yang akan dilakukan merupakan solusi terbaik. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Jurusan Biologi UNM memiliki dua lokasi atau area utama yang amat mendukung pembelajaran berbasis lingkungan dengan karakteristiknya masing-masing. Kedua area tersebut adalah Kebun Percobaan Biologi dan Pelataran Diskusi Perpustakaan Jurusan Biologi FMIPA UNM. (2) Sebahagian mata kuliah telah memanfaatkan sumber belajar berbasis lingkungan di Jurusan Biologi FMIPA UNM. Solusi dari hasil identifikasi yang diperoleh adalah antara lain; (1) Jurusan Biologi dapat digunakan sebagai tempat belajar, sumber pembelajaran, dan sebagai media pembelajaran dalam desain pembelajaran berbasis lingkungan. (2) Jurusan Biologi dapat digunakan sebagai lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan bagi seluruh civitas akademi.(3) Desain Pembelajaran Berbasis Lingkungan di Jurusan Biologi UNM dapat dilakukan pada hampir seluruh mata kuliah dengan meningkatkan peran dosen sebagai fasilitator. Kata Kunci: Analisis Kebutuhan Pembelajaran, Desain Pembelajaran Berbasis Lingkungan, Jurusan Biologi FMIPA UNM ABSTRACT This study aims: (1) to identify the main support system in the design of environment-based learning in the Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. (2) To know the utilization of environment-based learning resources in the Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Through the Needs Assessment instrument in the form of field observation, questionnaire survey, and interviews on lecturers and students identified the problem to determine the appropriate action for the next stage, so that the learning design will be the best solution. The results obtained that (1) Jurusan Biologi UNM has two locations or major areas that are very supportive of environment-based learning with their respective characteristics. The two areas are Biology Experiment Garden and Library Discussion Platform Biology Department FMIPA UNM. (2) Some subjects have utilized environment-based learning resources in the Jurusan Biologi FMIPA UNM. Solutions from the results of the identification obtained are among others; (1) Jurusan Biologi can be used as a place of learning, learning resources, and as a medium of learning in the design of environment-based learning. (2) Jurusan Biologi can be used as a comfortable and enjoyable learning environment for all academic community (3) Environmental Based Learning Design in Jurusan Biologi can be done in almost all courses by increasing the role of lecturer as a facilitator. Keywords: Learning Needs Analysis, Environmental Based Learning Design, Jurusan Biologi FMIPA UNM

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 11 Dec 2018 03:50
Last Modified: 23 Jul 2019 00:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11595

Actions (login required)

View Item View Item