MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING

Bahri, Arsad and Adnan, Adnan and Ismail, Ismail (2017) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. In: Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 30 September 2017, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
prosiding semnas hppbi.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hasil Peer Review Meningkatkan aktivitas belajar.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap aktivitas belajar peserta didik pada perkuliahan Struktur Hewan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dilakukan pada mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM semester genap 2016/2017. Sampel penelitian terdiri atas 61 orang mahasiswa yang terdiri atas dua kelas diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Aktivitas belajar mahasiswa diukur dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar. Data dianalisis secara kualitatif dan divisualisasikan dengan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing pada perkuliahan Struktur Hewan terbukti mampu meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga. Dosen dapat menerapkan pembelajaran inkuiri terbimbing untuk perkuliahan biologi lainnya dengan mempertimbangkan karakteristik materi. Kata kunci: inkuiri terbimbing, aktivitas belajar, model pembelajaran

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 11 Dec 2018 03:28
Last Modified: 07 May 2019 07:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11592

Actions (login required)

View Item View Item