PEMBELAJARAN EFEKTIF: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN LEMBAR KERJA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING

Bahri, Arsad and Musmuliadi, Nurazizah and Palennari, Muhiddin (2017) PEMBELAJARAN EFEKTIF: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN LEMBAR KERJA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING. Jurnal Penelitian Pendidikan Insani, 20 (2). pp. 73-79. ISSN 0854-3712

[img]
Preview
Text
jurnal Insani 2017 .pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hasil Peer Review Pembelajaran Efektif.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstract: This study aimed to determine the effect of the students’ worksheets based on guided discovery toward cognitive learning outcomes of learners on biology classroom. This study used a quasi-experimental Pretest-Posttest Control Group Design. This research was conducted at SMAN 9 Sinjai class XII IPA where samples were chosen by random sampling. Data were analyzed by ancova test. Ancova test results obtained significance was 0.008 <0.05 indicates that there was an effect of students' worksheet based on guided discovery on students' biology learning outcomes on the concept of plant growth and development. The use of guided discovery-based worksheets should consider about characteristics of discovery models and scientific approach criteria combined with appropriate instructional media. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis penemuan terbimbing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 9 Sinjai kelas XII IPA dimana sampel dipilih secara random sampling. Data dianalisis dengan uji ancova. Hasil analisis pengujian diperoleh signifikansi yaitu 0,008 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis penemuan terbimbing terhadap hasil belajar biologi peserta didik pada konsep pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Penggunaan lembar kerja berbasis penemuan terbimbing perlu memerhatikan karakteristik model penemuan dan kriteria pendekatan saintifik yang dipadukan dengan media pembelajaran yang tepat. Kata kunci: lembar kerja peserta didik, penemuan terbimbing, hasil belajar.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 10 Dec 2018 16:01
Last Modified: 22 Jul 2019 06:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11589

Actions (login required)

View Item View Item