Ekonomi Kreatif Sektor Kuliner Di Kota Makassar (Transfer Pengetahuan Kewirausahaan Pada Bisnis Keluarga Kuliner Coto Makassar)

JANNAH, NURUL (2018) Ekonomi Kreatif Sektor Kuliner Di Kota Makassar (Transfer Pengetahuan Kewirausahaan Pada Bisnis Keluarga Kuliner Coto Makassar). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL NURUL JANNAH.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan peran orangtua dalam mendidik anak untuk meneruskan bisnis coto keluarga dilihat dari aspek transfer pengetahuan kewirausahaan, menjelaskan sumber kemampuan lain yang dimiliki pemilik usaha saat ini dalam mengolah coto dan menjalankan usaha dan menjelaskan ide kreatif dan sumber kreativitas pemilik usaha untuk menarik minat pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 5 orang yang terdiri dari pemilik warung Aroma Coto Gagak dan orangtua, pemilik warung Coto Harmin 2 dan orangtua, dan pemilik warung Coto Nusantara. Hasil penelitian ini yaitu: dalam proses transfer pengetahuan orangtua kepada anak sebagai generasi penerus, masing-masing orangtua informan telah mendidik anak untuk melanjutkan usaha coto keluarga, yang dimulai dari sejak kecil anak diajak dan dilibatkan dalam membantu orangtua diwarung coto, kemudian diajarkan tips-tips menjalankan usaha dan resep rahasia mengolah coto. saat ini masing-masing anak telah melanjutkan usaha coto orangtua dan dalam menjalankan usaha coto tersebut anak mengaplikasikan sebagian pengetahuan yang diperoleh dari orangtua ditambah dengan ide tersendiri yang dimiliki. Dalam menjalankan usaha coto tersebut informan telah melakukan beberapa perubahan untuk membuat usaha menjadi lebih baik dan tetap diminati masyarakat, perubahan tersebut yaitu dari segi mengolah coto, pelayanan, pemasaran dan pengembangan cabang usaha. Selain itu informan juga membuat inovasi dalam usaha coto yang dijalankan untuk menarik minat pelanggan dengan mengandalkan kreativitas yang dimiliki yaitu dengan menyediakan menu beragam, mendesain lokasi warung menjadi lebih menarik, menyediakan ketupat gratis, dan menciptakan nama-nama menu coto yang unik. Dari semua yang telah dilakukan informan dalam mengembangkan usaha berasal dari berbagai sumber baik dari pengaruh bakat maupun lingkungan dan berbagai sumber lainnya. Adapun jenis pengetahuan yang diturunkan oleh orangtua kepada anak dalam transfer pengetahuan yaitu pengetahuan tacit. Dan dalam melanjutkan usaha coto orangtua masing-masing informan menggunakan pengetahuan tacit dan eksplisit dalam mengembangkan dan membuat usaha coto yang dijalankan menjadi lebih baik. Kata Kunci : Ekonomi Kreatif, Pendidikan Informal, Bisnis Keluarga, Transfer Pengetahuan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Dec 2018 06:16
Last Modified: 10 Dec 2018 06:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11584

Actions (login required)

View Item View Item