Implementasi Undang-Undang Nomor 34 Tahun 1964 Tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Di Kota Makassar

Dahri, Irsyad and Mustari, Mustari (2018) Implementasi Undang-Undang Nomor 34 Tahun 1964 Tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Di Kota Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (260kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Implementsi Undang-Undang No. 34 Tahun 1964 Tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Lalu lintas Jalan di Kota Makassar. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunkana teknik pengumpulan data melalui, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis kualitatif untuk mengetahui Implementsi Undang-Undang No. 34 Tahun 1964 Tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Lalu Lintas Jalan di Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan tahap pemberian santunan PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Makassar terhadap korban kecelakaan lalu lintas jalan di Kota Makassar sudah sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan namun jumlah besaran santunan tidak sesuai dengan apa yang telah diderita oleh korban. 2) Upaya PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Makassar dalam pemberian santunan terhadap korban kecelakaan lalu lintas jalan di Kota Makassar sudah cukup baik. Akan tetapi ditemukan ketidak tahuan dan ketidak puasan korban kecelakaan terhadap dana santunan yang diberikan oleh PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Makassar. Hal ini menggambarkan bahwa (1) masih kurangnya sosialisasi dari PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Makassar mengenai pemberian dana santunan kepada masyarakat, khususnya yang di pelosok-pelosok Desa. (2) Dengan melakukan jemput bola ke Kantor Lalu Lintas Polres dan Rumah Sakit setempat untuk mendapatkan data kecelakaan yang telah terjadi dianggap sudah maksimal dalam mengupayakan pelaksanaan Undang-undang Nomor 34 Tahun 1964 Tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Kata Kunci: Kecelakaan, Dana Santunan, PT. Jasa Raharja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Dec 2018 01:52
Last Modified: 10 Dec 2018 01:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11581

Actions (login required)

View Item View Item