ANALISIS PENGELOLAAN RUANG TERBUKA HIJAU PADA PERUMAHAN DI KOTA MAKASSAR (Kajian Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Masyarakat)

Hafid, Sarfa (2018) ANALISIS PENGELOLAAN RUANG TERBUKA HIJAU PADA PERUMAHAN DI KOTA MAKASSAR (Kajian Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Masyarakat). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal61.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian, yaitu (1) Untuk mengetahui pengetahuan masyarakat tentang ruang terbuka hijau pada perumahan di Kota Makassar. (2) Untuk mengetahui sikap masyarakat terhadap ruang terbuka hijau pada perumahan di Kota Makassar. (3) Untuk mengetahui perilaku masyarakat melestarikan ruang terbuka hijau pada perumahan di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian statistik deskriptif.Populasi penelitian adalah seluruh perumahan yang dibangun pengembang yang termasuk dalam anggota REI pada kawasan pengembangan perumahan di Kecamatan Manggala.Instrumen penelitian ini yaitu tes dan angket.Data yang dianalisis bersumber dari jawaban responden terhadap pertanyaan kuisioner penelitian yang diberikan untuk mengetahui pengetahuan, sikap, dan perilakunya. Jawaban responden atas pertanyaan kuisioner tersebut ditampilkan dalam bentuk rata-rata, standar deviasi, skor maksimum, skor minimum, persentase. Selanjutnya, jawaban respoden tentang pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat didedeskripsikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pengetahuan masyarakat tentang ruang terbuka hijau pada perumahan di Kota Makassar masih rendah. Rendahnya pengetahuan masyarakat tentang tentang ruang terbuka hijau pada perumahan di Kota Makassar tampak pada rendahnya pengetahuan tentang tujuan dan manfaat RTH, rendahnyapengetahuan tentang pentingnya partisipasi dan keikutsertaan masyarakat dalam pelestarian lingkungan. (2) Sikap masyarakat terhadap ruang terbuka hijau pada perumahan di Kota Makassar dikategorikan sedang. Artinya, masyarakat biasa-biasa saja dalam menyikapi masalah ruang terbuka hijau. Masyarakat belum bersikap positif terhadap ruang terbuka hijau yang cenderung dalam menerima lahan ruang terbuka hijau untuk keperluan tambahan bangunandan kurang cenderung dalam menata ruang terbuka hijau. (3) Perilaku masyarakat melestarikan ruang terbuka hijau pada perumahan di Kota Makassar masih kurang. Hal ini tergambar pada berbagai indikator perilaku masyarakat dalam melestarkan ruang terbuka hijau, di antaranya (1) tindakandalam menerima lahan untuk ruang terbuka hijau yang kurang. (2) Tindakan dalam penataan ruang terbuka hijau kurang dilakukan oleh masyarakat. (3) Tindakan dalam memamfaatkan ruang terbuka hijau masih kurang. (4) Tindakan pemeliharaan ruang terbuka hijau kurang terlihat realisasinya di kompleks dan di halaman perumahan masyarakat. (5) Tindakan mengubah ruang terbuka hijau merupakan kecenderungan masyarakat. (6) Tindakan dalam menambah ruang terbuka hijau sama sekali tidak dilakukan oleh masyarakat. Kata Kunci: Ruang terbuka hijau, pengetahuan, sikap, dan perilaku

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2018 06:08
Last Modified: 06 Dec 2018 06:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11566

Actions (login required)

View Item View Item