Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Murid Kelas V SD Inpres Batua I Makassar

Rizal, Rizal and syahruddin, syahruddin and Rizal, M, Andi (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Murid Kelas V SD Inpres Batua I Makassar. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (65kB)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli pada murid kelas V SD Inpres Batua I Makassar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Dimana murid kelas V berjumah 32 orang terdapat murid laki-laki sebanyak 15 orang dan murid perempuan sebanyak 17 orang. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Dimana setiap siklus masing-masing 2 pertemuan serta dirancang melalui 4 tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, pengamatan, dan Refleksi. Kemudian, aspek yang diamati pada proses pembelajaran yaitu Psikomotorik, Afektif, Dan Kognitif. Pada saat ingin memulai penelitian sebelumnya melakukan Observasi Awal dan data yang diperoleh secara Deskriptif dengan menggunakan teknik presentase ketuntasan belajar dengan melihat Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) = 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase ketuntasan murid pada (Prasiklus) hanya 1 murid yang tuntas dengan presentase 3,12%, (siklus I) ada 11 murid yang tuntas denganp resentase 34,37%, (siklus 2) Ada 27 murid yang tuntas dengan presentase 84,37%. Jadi kesimpulannya, dapat dilihat bahwa peningkatan hasil belajar passing bawah bolavoli murid kelas V SD Inpres Batua I Makassar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dapat meningkat secara signifikan. Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar BolaVoli, Model pembelajaran Kooperatif.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2018 06:02
Last Modified: 06 Dec 2018 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11564

Actions (login required)

View Item View Item