Peningkatan kualitas proses dan hasil belajar matematika melalui pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas V SDN Tidung Kota Makassar

Abi, Sara (2014) Peningkatan kualitas proses dan hasil belajar matematika melalui pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas V SDN Tidung Kota Makassar. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Abi Sara,.docx

Download (1MB)

ABSTRAK Abi Sara, 2014. Peningkatan kualitas proses dan hasil belajar matematika melalui pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas V SDN Tidung Kota Makassar. Tesis. Dibimbing oleh Dr. Alimuddin, M.Si dan Dr. Asdar, M.Pd pada Program Studi kekhususan matematika sekolah PPs UNM. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kualitas proses dan hasil belajar matematika di kelas V SDN Tidung Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (a) Bagaimanakah proses pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kualitas proses belajar matematika tentang jaring-jaring bangun ruang pada siswa kelas V SDN Tidung Kota Makassar?. (b) Apakah terdapat peningkatan kualitas hasil belajar matematika tentang jaring-jaring bangun ruang pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas V SDN Tidung Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kualitas proses dan hasil belajar matematika tentang jaring-jaring bangun ruang melalui pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas V SDN Tidung Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 25 siswa kelas V SDN Tidung Kota Makassar. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Proses pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kualitas proses belajar matematika tentang jaring-jaring bangun ruang pada siswa kelas V SDN Tidung Kota Makassar dilihat dari aktivitas mengajar guru dan belajar siswa siklus I dan siklus II serta terdapat peningkatan kualitas hasil belajar matematika tentang jaring-jaring bangun ruang melalui pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas V SDN Tidung Kota Makassar dilihat dari meningkatnya nilai tes hasil belajar awal, siklus I dan siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat peningkatan kualitas proses dan hasil belajar matematika melalui pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas V SDN Tidung Kota Makassar. .

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:09
Last Modified: 26 Oct 2016 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1156

Actions (login required)

View Item View Item