PENGARUH SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS SMA NEGERI 11 MAKASSAR

Musni, Besse (2018) PENGARUH SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS SMA NEGERI 11 MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL BESSE MUSNI 1494043016.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 11 Makassar. Penelitian ini adalah penelitian regresi dengan model analisis regresi linear sederhana. Popoulasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IIS SMA Negeri 11 Makassar yang berjumlah 89 peserta didik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel secara keseluruhan. Pengumpulan data melalui observasi, kuesioner/angket, dokumentasi. Data yang terkumpul diolah melalui program SPSS 21. Metode analisis data melalui analisis regresi linear sederhana, Analisis Kuantitatif, Transformasi data ordinal ke data interval, Uji T, Koefisien Korelasi , Koefisien Determinasi. Berdasarkan perhitungan regresi linier sederhana dituliskan hasil Y= (59.154+0.247)X. Adapun hasil uji T, nilai t hitung sebesar 14.334 dengan nilai signifikansi 0.000, dimana nilai signifikansinya kurang dari α = 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa sumber belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Berdasarkan uji koefisien korelasi bahwa antara variabel Sumber Belajar (Y) dengan variabel Hasil Belajar (X) mempunyai hubungan yang “Sangat Kuat” karena mempunyai nilai korelasi sebesar 0.838 pada taraf kolerasi antara 0.80 – 0.100 yang diartikan memiliki hubungan positif atau arah positif. Sementara uji Koefisien determinasi hasil output SPSS Model Summary diperoleh angka, R square sebesar 0.703, hal ini menunjukkan bahwa dari 100% hanya 70,3% varibel independen (sumber belajar) dapat menjelaskan variabel dependen (hasil belajar). Sisanya sebesar 29,7% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Sumber Belajar dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2018 02:39
Last Modified: 06 Dec 2018 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11555

Actions (login required)

View Item View Item