DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN PELANGGARAN TATA TERTIB DI SMA NEGERI 1 GOWA

ARSAF, NURUL ASMI (2018) DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN PELANGGARAN TATA TERTIB DI SMA NEGERI 1 GOWA. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL NURUL ASMI ARSAF.pdf

Download (294kB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang media sosial cenderung mempengaruhi pelajar untuk melakukan kegiatan yang bertentangan dengan tata tertib sekolah, dampak media sosial terhadap peningkatan pelanggaran tata tertib, dan upaya mengantisipasi dampak media sosial terhadap peningkatan pelanggaran tata tertib. Jenis penelitian ini kualitatif dengan penentuan informan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu siswa yang pernah terlibat pelanggaran tata tertib. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan analsis deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisiplaykan data dan penarikan kesimpulan yang diperoleh dilapangan yang akan diinterprestasikan oleh penulis berdasarkan penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan latar belakang media sosial cenderung mempengaruhi pelajar untuk melakukan kegiatan yang bertentangan dengan tata tertib sekolah, membuat siswa kencanduan dan sulit mengalihkan pandangan dari media sosial. Dampak media sosial terhadap peningkatan pelanggaran tata tertib sekolah, dampak positif dari media sosial: memperluas pergaulan (menambah teman), mempermudah interaksi jarak jauh, mempercepat penyebaran arus informasi, menjadi tempat atau media untuk proses pembelajaran, sebagai media promosi untuk menawarkan produk dan jasa. Selai itu, dampak negatif dari media sosial: siswa sering melampiaskan kemarahan, kekesalan dan menuliskan kata-kata kasar yang menyinggung perasaan orang lain lewat status yang ditulis di medial sosial, sehingga memicu terjadinya perselisihan yang berujung pekelahian, dampak lainnya yaitu lunturnya nilai-nilai kesopanan siswa terhadap guru, dalam hal ini masih ada siswa yang bermain dan membuka media sosial pada saat proses pembelajaran berlangsung walaupun guru sedang memaparkan materi pembelajaran. Upaya mengantisipasi dampak media sosial terhadap peningkatan pelanggaran tata tertib sekolah ialah dengan cara memberikan teguran secara lisan, memberikan pengarahan, membuatkan surat atau perjanjian, memanggil yang bersangkutan bersama orang tuanya agar yang bersangkutan tidak mengulangi lagi pelanggaran yang diperbuatnya dan diberikan sanksi yang berat seperti skorsing bahkan dikeluarkan dari sekolah. Kata Kunci : Media Sosial dan Pelanggaran Tata Tertib

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2018 01:47
Last Modified: 06 Dec 2018 01:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11550

Actions (login required)

View Item View Item