Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah disertai Self Assesment Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Jeneponto.

YOCANG, MALLOMBASI (2013) Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah disertai Self Assesment Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Jeneponto. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Yocang Mallombasi.docx

Download (13kB)

ABSTRAK YOCANG MALLOMBASI. Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah disertai Self Assesment Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Jeneponto. (dibimbing oleh Usman Mulbar dan Ruslan) Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan Self Assessment dalam pembelajaran matematika dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui penerapan Self Assesment. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan prosedur pelaksanaan penelitian ini untuk masing-masing siklus melalui tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMK Negeri 6 Jeneponto tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa, observasi pengelolaan pembelajaran, dan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh adalah peningkatan persentase ketuntasan belajar matematika dari 35,71% menjadi 81,82%, dan terjadi peningkatan keterlaksanaan pembelajaran untuk fase 1, fase 2, fase 4, dan fase 5 yang pada awalnya berada pada kateori baik menjadi sangat baik. Dalam penelitian ini juga diperoleh guru telah melaksanakan dengan baik mengelola pembelajaran melalui penerapan self assessment seperti bersikap tegas dalam mengarahkan siswa, tepat dalam memberikan memotivasi dan apresiasi kepada siswa sehingga terlihat pada umumnya siswa menilai dengan jujur kemampuan mereka sendiri yaitu sudah memahami materi yang dijelaskan pada pertemuan sebelumnya, sudah memahami masalah yang diajukan dengan menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, dan sudah dapat membuat rangkuman yang memuat inti-inti pembelajaran. ABSTRACT YOCANG MALLOMBASI. Mathematics Learning Process Of Quality Improvement Through Implementation Of Problem Based Learning Model With Self Assessment To Students At X Grade Of Smk Negeri 6 Jeneponto. (dibimbing oleh Usman Mulbar dan Ruslan) The aims of this research is to describe the process of self assessment implementation in mathematics lesson and increase the mathematics learning quality through self assessment. This is a classroom action research and the procedures of this research for each cycle were through phases of planning, action, observation, and reflection. This research was conducted to the X grade students of SMK Negeri 6 Jeneponto of the academic year 2012/ 2013. Technique of data collection on this research were learning outcomes test, observation of student activities, observation on learning management, and observation on learning implementation. Data were then analyzed in quntitative and qualitative analysis. The result found that the percentage of mathematics learning mastery was from 35,71% increase to 81,82% and there was an increasing of learning implementation on the phase 1, phase 2, phase 4, and phase 5 where in initial is on the good category improve to a very good category. It also found that teacher has already manage the learning in good way through self assessment such as discipline in instructing the students, precise in giving motivation and appreciation to the students so commonly they seems honest in giving score as the students ability where the students have already comprehend the material explained on the previous meeting, have already comprehend the problem faced by writing down what they know and what is being asked, and have already know how to make a conclusion that include all the subject core.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:09
Last Modified: 26 Oct 2016 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1154

Actions (login required)

View Item View Item