Deskripsi Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Aljabar Linear I Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Gaya Kognitif pada Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Makassar

SAFI, HARISA and Dassa, Awi and Djadir, Djadir (2018) Deskripsi Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Aljabar Linear I Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Gaya Kognitif pada Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (712kB) | Preview

Abstract

. (dibimbing oleh Dr. , M.Si dan Dr. , M.Pd) Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) berpikir kritis mahasiswa FIKT (field independent kategori tinggi) (2) berpikir kritis mahasiswa FDKT (field dependent kategori tinggi) (3) berpikir kritis mahasiswa FIKS (filed independent kategori sedang) (4) berpikir kritis mahasiswa FDKS (field dependent kategori sedang). Penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 4 mahasiswa kelas A1 semester II Program Studi Pendidikan Matematika UNM yang dikelompokkan berdasarkan gaya kognitif menggunakan instrumen Group Embedded Figures Test (GEFT) dan menghitung IPK mata kuliah matematika disemester I dengan membedakan atas dua kategori yaitu tinggi dan sedang sehingga rincian subjek adalah 2 mahasiswa field independent kategori tinggi-sedang dan 2 mahasiswa field dependent kategori tinggi-sedang. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah tes berpikir kritis yaitu tes pemecahan masalah sistem persamaan linear dan wawancara. Penelitian ini menggunakan triangulasi metode membandingkan data yang diperoleh melalui tes pemecahan masalah dengan wawancara. Hasil tes berpikir kritis melalui pemecahan masalah dikelompokkan berdasarkan tahapan berpikir kritis yaitu klarifikasi, analisis dan strategi penyelesaian. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tahap Klarifikasi subjek FIKT dan FIKS memiliki persamaan dalam hal membaca soal sekilas langsung memahaminya dan mengidentifikasi intruksi dari soal sementara subjek FDKT dan FDKS membaca soal berulang-ulang dan hanya membaca intruksi dari soal. Pada tahap Analisis subjek FIKT dan FIKS cenderung cepat dalam mengabstraksi dan mengaitkan informasi yang relevan dengan intruksi pendukung soal sehingga cepat dalam menyimpulkan cara/metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah, namun berbeda dengan subjek FDKT dan FDKS yang cenderung lama dalam memberikan respon sehingga cara/metode yang digunakan dengan mencoba-coba. Pada tahap Strategi Penyelesaian subjek FIKT dan FIKS menerapkan cara/metode yang digunakan dengan jelas dan sistematis namun subjek FIKS mengalami kekeliruan saat menentukan nilai k menggunakan determinan (untuk soal kedua) berbeda dengan subjek FDKT dan FDKS kesulitan saat membuat kesimpulan sesuai intruksi soal dan subjek FDKS juga keliru saat menentukan nilai k menggunakan determinan. Kata kunci: berpikir kritis, gaya kognitif , konsep SPL C

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Nov 2018 05:06
Last Modified: 30 Nov 2018 05:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11528

Actions (login required)

View Item View Item