PROPHETIC ENTREPRENEURSHIP (Pro-En) SEBAGAI MODEL PENINGKATAN PRODUKTIVITAS MAHASISWA WIRAUSAHA DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SECARA INTRINSIK Dl PERGURUAN TINGGI

Daud, Muh. and Mansyur, Ahmad Yasser and Ahmad, Ahmad (2014) PROPHETIC ENTREPRENEURSHIP (Pro-En) SEBAGAI MODEL PENINGKATAN PRODUKTIVITAS MAHASISWA WIRAUSAHA DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SECARA INTRINSIK Dl PERGURUAN TINGGI. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Laporan Penelitian Unggulan)
Lap. Penelitian Prophetic Enterpreneurship Sebagai Model Pengembangan.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review laporan Penelitian Unggulan)
PEER REVIEWER PENELITIAN UNGGULAN 2013.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Di era giobalisasi saat ini, terjadi perubahan lingkungan sangat cepat, seperti sosial poiitik dan ekonomi. Oleh itu, setiap individu dituntut dapat melakukan adaptasi terhadap perubahan itu. Menurut Agustianto (2008) dan Rokhman (2002), salah satu perubahan lingkungan itu berupa krisis ekonomi. Diantara dampak nyata dari krisis itu melahirkan pengangguran terdidik dan tidak siap bersaing diera global ini. Seperti yang diugkap oleh Lembaga Kajian Ketenagakerjaan (CLDS) (dalam Prihatin. 2003) bahwa pengangguran terdidik di Indonesia mengalami kenaikan yag sangat drastis, dimulai sejak krisis ekonomi pada tahun 1997 yang melahirkan penggaguran sekitar 1 juta sampai 2,5 juta pertahun. Siswoyo (2009) menyatakan sebagian besar lulusan Perguruan Tinggi adalah lebih sebagai pencari kerja (job seeker) daripada pencipta lapangan pekerjaan (job creator). Pengangguran terdidik itu tidak semata-mata disebablan oleh faktor perubahan lingkungan namun juga faktor sistem pendidikan dan faktor psikologis individu yang kurang kreatif dan inovatif. Ada beberapa usaha yang telah dilakukan pemerintah mengatasi masalah di atas, yakni dengan membuat inkubator di perguruan tinggi. Berdasar data profil inkubator di Indonesia (Panggabean, 2009) dapat dikatakan bahwa secara umum ruang lingkup bisnis inkubator yang bergerak di bidang umum (bisnis). Selain itu Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tahun 2009 ini mengembangkan sebuah Program Mahasiswa Wirausaha-PMW (Student Entrepreneur Program) yang merupakan kelanjutan dari program-program sebelumnya (PKM, Co-op, dan sejenisnya), untuk menjembatani para mahasiswa memasuki dunia bisnis rill melalui fasilitasi start-up bussiness. Namun, jika rogram tersebut dinilai belum menyentuh aspek intrinstik (psikologis internal) mahasiswa.

Item Type: Other
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 28 Nov 2018 08:58
Last Modified: 30 Nov 2018 10:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11511

Actions (login required)

View Item View Item