PENGARUH KOORDINASI MATA TANGAN, KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEMAMPUAN SMASH PADA MAHASISWA BKMF BULUTANGKIS FIK UNM

USMAN, DIANA PUTRI (2018) PENGARUH KOORDINASI MATA TANGAN, KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEMAMPUAN SMASH PADA MAHASISWA BKMF BULUTANGKIS FIK UNM. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
jurnal diana putri.pdf

Download (106kB) | Preview

Penelitian ini adalah jenis penelitian analisis jalur yang bertujuan untuk mengetahui. (1) Pengaruh langsung koordinasi mata tangan terhadap motivasi berprestasi dalam permainan bulutangkis pada mahasiswa BKMF bulutangkis FIK UNM. (2) Pengaruh langsung kelentukan pergelangan tangan terhadap motivasi berprestasi dalam permainan bulutangkis pada mahasiswa BKMF bulutangkis FIK UNM. (3) Pengaruh langsung koordinasi mata tangan terhadap kemampuan smash dalam permainan bulutangkis pada mahasiswa BKMF bulutangkis FIK UNM. (4) Pengaruh langsung kelentukan pergelangan tangan terhadap kemampuan smash dalam permainan bulutangkis pada mahasiswa BKMF bulutangkis FIK UNM. (5) Pengaruh langsung motivasi berprestasi terhadap kemampuan smash dalam permainan bulutangkis pada mahasiswa BKMF bulutangkis FIK UNM. (6) Pengaruh tidak langsung koordinasi mata tangan terhadap kemampuan smash dalam permainan bulutangkis pada mahasiswa BKMF bulutangkis FIK UNM. (7) Pengaruh tidak langsung kelentukan pergelangan tangan terhadap kemampuan smash pada mahasiswa BKMF bulutangkis FIK UNM. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa BKMF bulutangkis putra FIK UNM.Teknik pengambilan sampel dilakukan secara sampling random sampling sehingga terpilih 30sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial melalui program SPSS versi 16 pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh langsung koordinasi mata tangan terhadap motivasi berprestasi dalam permainan bulutangkis pada mahasiswa BKMF bulutangkis FIK UNM sebesar 10,7% signifikan 0,049. (2) ada pengaruh langsung kelentukan pergelangan tangan terhadap kemampuan smashdalam permainan bulutangkis pada mahasiswa BKMF bulutangkis FIK UNM sebesar 26,9% sigifikan 0,002. (3) ada pengaruh langsung kordinasi mata tangan terhadap kemampuan smash dalam permainan bulutangkis pada mahasiswa BKMF bulutangkis FIK UNM sebesar 5,85% sigifikan 0,031. (4) ada pengaruh langsung kelentukan pergelangan tangan terhadap kemampuan smash dalam permainan bulutangkis pada mahasiswa BKMF bulutangkis FIK UNM sebesar 25,70% sigifikan 0,000. (5) ada pengaruh langsung motivasi berprestasi terhadap kemampuan smash dalam permainan bulutangkis pada mahasiswa BKMF bulutangkis FIK UNM sebesar 7,45% sigifikan 0,039. (6) ada pengaruh tidak langsung koordinasi mata tangan terhadap kemampuan smashdalam permainan bulutangkis pada mahasiswa BKMF bulutangkis FIK UNM sebesar 9,92%. (7) ada pengaruh tidak langsung kelentukan pergelangan tangan terhadap kemampuan smash dalam permainan bulutangkis pada mahasiswa BKMF bulutangkis FIK UNM sebesar 14.14%.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Nov 2018 04:55
Last Modified: 27 Nov 2018 04:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11497

Actions (login required)

View Item View Item