Analisis Kemampuan Memahami Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel (Studi Pada Siswa Kelas Vii Bilingual Smp Negeri 2 Maros)

SAMSUDDIN, SAMSUDDIN (2013) Analisis Kemampuan Memahami Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel (Studi Pada Siswa Kelas Vii Bilingual Smp Negeri 2 Maros). S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Syamsuddin.docx

Download (15kB)

ABSTRAK SAMSUDDIN. 2013. Analisis Kemampuan Memahami Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel (Studi Pada Siswa Kelas Vii Bilingual Smp Negeri 2 Maros) (Dibimbing oleh Hamzah Upu dan Ilham Minggi). Kemampuan memahami materi telah banyak diteliti oleh banyak ahli. Namun, penelitian mengenai kemampuan memahami materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel masih sangat kurang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Maros dalam memahami materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dipandu oleh tugas kemampuan memahami materi matematika dan pedoman wawancara yang valid dan reliabel. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII Bilingual yang terdiri dari dua orang (1 orang subjek tinggi dan 1 orang subjek rendah ). Proses penelitian mengikuti tahap-tahap: (a) merumuskan indikator memahami dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan teori dan penelitian yang relevan, (b) merumuskan instrumen pendukung (tugas kemampuan memahami materi matematika dan pedoman wawancara) yang valid dan reliabel, (c) melakukan pengambilan subjek penelitian, (d) melakukan pengambilan data untuk mengungkap kemampuan memahami, (e) melakukan triangulasi untuk mendapatkan data yang valid, (f) melakukan analisis data kemampuan memahami, (g) melakukan pembahasan hasil analisis, (h) melakukan penarikan kesimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Subjek kategori berkemampuan tinggi memiliki kemampuan memahami materi pada semua indikator pemahaman yaitu mencontoh, menafsirkan, mengklasifikasikan, merangkum, menyimpulkan, membandingkan, dan menjelaskan 2) Subjek kategori berkemampuan rendah hanya memahami materi yaitu menafsirkan. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka kemampuan memahami siswa dapat dijadikan acuan dalam mengembangkan model pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan memahami khususnya pada materi persamaan dan pertidaksaman linear satu variabel dan dapat digunakan sebagai dasar penelitian lebih lanjut yang bersifat verifikasi dan modifikasi. ABSTRACT SAMSUDDIN. 2013. " Analysis of capabilty to comprehend equatins and inequalities material of one variable linear of the VII grade bilingual students of SMP Negeri 2 Maros (supervised by Hamzah Upu and Ilham Minggi) Researches on comprehension capability have been studied by many experts. Nevertheless, research on comprehending equations and inequalities material of one variable linear is still lack. This research is a kind of qualitative research that tried to describe the capabality of the VIIth Grade Bilingual Students of SMP Negeri 2 Maros to comprehending equations and inequalities material of one variable linear, instrument of this research was researcher himself as the main instrument and was supported by assignment on capability to comprehend mathematics material as well as a valid and reliable interview guide. The data were collected through assignebt based interview. Subject of the research were students of bilingual class VII which consisted of two students (1 students with high capability and 1 students with low capability). Proces of the research included: a) formulating indicators of comprehending mathematics problem based on theory and relevant study, b) formulating supporting instrument which is valid and reliable, c) retrieving research subject, d) collecting data, e) conducting triangulation to get a valid data, f) analyzing data, g) discussing the result of data analysis, and h) drawing conclution. The result showed that (1) student with high capability comprehend the material of all indicators of comprehension, those are follow example, interpret, classify, summarize, draw conclution, compare, and explain, (2) subject with low capability only can comprehend the material of the indicators interpret. Based on the result, it can be concluded that students ability to comprehend the material can be used as areference to develop mathematics learning model to improve comprehension ability especially on the equations and inequalities material of one variable linear and also can be used as a basis for furtherverification and modification research.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:09
Last Modified: 26 Oct 2016 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1149

Actions (login required)

View Item View Item