PENGARUH MODEL PEMBELAJARANCONTEXTUAL TEACHING & LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS TERHADAP KUALITAS HASIL BELAJAR SISWA SMP DI DAERAH PULAU LAKKANG

IRIYANI, IRIYANI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANCONTEXTUAL TEACHING & LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS TERHADAP KUALITAS HASIL BELAJAR SISWA SMP DI DAERAH PULAU LAKKANG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
artikel iriyani.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis; (1) penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching & Learning mata pelajaran IPS yang diajarkan kepada siswa SMP di daerah Pulau Lakkang, (2) gambaran analisis kualitas hasil belajar IPS siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching & Learning. (3) ada tidak pengaruh dalam model pembelajaran Contextual Teaching & Learning terhadap kualitas hasil belajar IPS siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah; terdapat pengaruh terhadap kualitas hasil belajar IPS siswa meningkat setelah mengimplementasikan model pembelajaran Contectual Teaching & Learning. Penelitian dilakukan terhadap siswa SMP Negeri 44 Satu Atap Makassar dengan teknik pengambilan sampel dengan mengunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji asumsi klasik (uji normalitas dan uji heterokedastisitas) dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) kualitas hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching & Learning lebih baik dari kualitas hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional, (2) kualitas hasil belajar siswa IPS siswa lebih baik, dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 102,331> Ftabel sebesar 3,97, berada pada kategori kuat., (3) terdapat pengaruh dalam model pembelajaran Contextual Teaching & Learning terhadap kualitas hasil belajar IPS siswa. Kualitas hasil belajar IPS siswa memiliki pengaruh positif jika diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching & Learning daripada mengunakan strategi pembelajaran konvensional. Kesimpulan ini memberikan makna bahwa; kualitas hasil belajar IPS siswa sangat ditentukan dari penggunaan model pembelajaran setiap model pembelajaran memiliki keunggulan masing-masing dibandingkan hanya menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Contextual Teaching & Learning dan Kualitas Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Nov 2018 05:09
Last Modified: 22 Nov 2018 05:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11467

Actions (login required)

View Item View Item