Ragam Bahasa Masyarakat Belopa Kabupaten Luwu dan Relevansinya dalam Pembelajaran Sosiolinguistik di Universitas Cokroaminoto Palopo (Tinjauan Sosiolinguistik)

RAMLI, ASWADI (2018) Ragam Bahasa Masyarakat Belopa Kabupaten Luwu dan Relevansinya dalam Pembelajaran Sosiolinguistik di Universitas Cokroaminoto Palopo (Tinjauan Sosiolinguistik). S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL TESIS.pdf

Download (265kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud ragam bahasa masyarakat Belopa Kabupaten Luwu ditinjau berdasarkan kategori kelas sosial, jenis kelamin, usia, serta fungsi ragam bahasa masyarakat Belopa dan relevansinya dalam pembelajaran sosiolinguistik Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiolinguistik. Adapun sumber data diperoleh dari bahasa masyarakat Belopa kabupaten Luwu. Data penelitian ini adalah tuturan berupa dialog. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik sadap, teknik simak libat cakap, teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, wujud ragam bahasa masyarakat Belopa Kabupaten Luwu sebanyak dua puluh lima data, berdasarkan kategori kelas sosial terdiri atas, sembilan data. Berdasarkan kategori jenis kelamin terdiri atas enam data, dan kategori usia terdiri atas sepuluh data. Ke-2, fungsi ragam bahasa masyarakat Belopa Kabupaten Luwu terdiri dari fungsi penghormatan sebanyak tiga data, fungsi penghargaan sebanyak lima data, dan fungsi keakraban sebanyak tujuh belas data. Ke-3, relevansi ragam bahasa masyarakat Belopa Kabupaten Luwu berdasarkan silabus dan rencana kegiatan pembelajaran di Universitas Cokroaminoto Palopo pada Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia pertemuan ke-14, materi ragam bahasa dari dua puluh tiga data dapat digunakan pada proses pengajaran ragam bahasa. Disarankan agar ragam bahasa masyarakat Belopa Kabupaten Luwu berdasarkan materi ragam bahasa pada materi pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo sebagai rujukan bahan ajar mata kuliah sosiolinguistik. Kata Kunci: ragam bahasa, relevansi, sosiolinguistik

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Nov 2018 05:04
Last Modified: 22 Nov 2018 05:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11466

Actions (login required)

View Item View Item