Persepsi Guru Kelas Terhadap Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Penjaskes Pada Sekolah Dasar Negeri Di Kscamatan Makassar Kota Makassar

Wahyudin, Wahyudin and Saharullah, Saharullah and Ardiansyah, Ardiansyah (2017) Persepsi Guru Kelas Terhadap Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Penjaskes Pada Sekolah Dasar Negeri Di Kscamatan Makassar Kota Makassar. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Laporan Penelitian)
Laporan Penelitian - Persepsi Guru Kelas Terhadap Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar....pdf - Published Version

Download (26MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Laporan Penelitian)
Peer Review Laporan Penelitian - Persepsi Guru Kelas Terhadap Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar....pdf - Published Version

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Laporan Penelitian (Saharullah))
Peer Review Laporan Penelitian - Persepsi Guru Kelas terhadap Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Penjaskes....pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran tentang bagaimana Persepsi Guru Kelas Terhadap Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Penjaskes Pada Sekolah dasar Negeri Di Kecamatan Makassar Kota Makassar. Lokasi penelitian ini adalah di Kecamatan Makassar Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah guru umum yang terdaftar mengajar sebagai guru kelas pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Makassar Kota Makassar yang berjumlah sebanyak 35 orang yang terdiri dari 6 orang guru laki-laki dan 29 orang guru perempuan yang sekatrgus drladrkan sampel. Karena lumtah populasr relatrf sedtlot maka dalam peneltflan tru penutis menarik sampel dengan cara total sampling, dimana mengambil semua populasi yangada sebogai sampel, seperti yang dikemukakan oleh Arikunto bahwa apabila subjeknya kurang dari lm, tebih baik diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Sd rdunya, jikajumlah subjeknyabesar dapatdiambil antara l07o sanrpai 25Yoatau lebih. Oleh inrara iiu lxrpuiasi tiaiaur plciiiian irri ssiuruiurya tiijatiiir.an saurpci yaitu 35 urimB guru Lcias Srag mengajar pada Sekolatr Dasar Negeri di Kecamatan Makassar Kota Makassar. metode pendekatan penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif deskriptif yang bertujuan mengungkaapkan sesuatu apa adanya sebagaimana yang dikemukakan oleh Arikunto bahwa "Penelitian deskripif adalah penelitian yang tidak bermaksud menguji hipotesis tetapi hanya menggambarkan apa adanya tanpa ada unsur tambahan dan pengurangan dari kejadian yang diteliti dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: l).Persepsi guru kelas terhadap faktor perencanaan dalam pembelajaran pendidikan jasmani pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Makassar Imldakassar memperoleh angka penafsiran sebesar 87,4 dan memiliki kriteria penilaian sangat tinggi. hal ini berarti kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran penjasorkes pada sekolah dasar Negeri di Kecamatan Makassar Kota Makassar sangat tingg. 2) Persepsi guru kelas terhadap faktor pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani pada Sekolah Dasar Negeri di kecamatan makassar Kota Makassar. memperoleh angka penafsiran sebesar 88,2 dan memiliki kriteria penilaian sangat tinggi. Hal ini berarti kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran penjasorkes pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Makassar Kota Makassar sangat tinggi. 3) Persepsi guru kelas terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar penjaskes l& Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Makassar Kota Makassar secara umum memiliki kriteria yang tinggi, walaupun masih ada beberapa indikator yang memiliki angka penafsiran 5q lebih kecil. Hal ini sudah cukup dijadikan bukti bahwa kemampuan guru kelas dalam nditsamffi proses betajar mengajar penjaskes pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Makassar Kota Makassar tinggi. Manfaat yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah : 1) Sebagai sumbangan yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan terutama pendidikan dasar. 2) Bermanfaat dan berguna bagi Dinas Pendidikan dalam mengambil kebijakan yang berhubungan dengan kualitas pendidikan dasar. 3) Bermanfaat bagi penelitian yang lebih luas dalam rangka pengembangan penjaskes.

Item Type: Other
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Muh Yakin Amin
Date Deposited: 13 Dec 2018 01:53
Last Modified: 22 Aug 2019 04:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11463

Actions (login required)

View Item View Item