Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have dan Kemampuan Akademik Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII SMPN 2 Camba

Bahri, Arsad and Azis, Andi Asmawati and Amin, Nur Fadillah (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have dan Kemampuan Akademik Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII SMPN 2 Camba. SAINSMAT "Jurnal Sains, Matematika, dan Pembelajarannya, 1 (1). pp. 41-51. ISSN 2086-6755

[img]
Preview
Text (Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakrditasi)
Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi - Penerapan Strategi Pembelajaran Question Student Have dan Kemampuan.....pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hasil Peer Review Strategi QSH pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran QSH dan kemampuan akademik awal siswa terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMPN 2 Camba serta pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran QSH dengan kemampuan akademik terhadap hasil belajar kognitif siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIa sebagai kelas QSH dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas VIIIb sebagai kelas konvensional dengan jumlah siswa 28 orang. Pengambilan data dilakukan dengan mengevaluasi hasil belajar, melalui tes tertulis yang meliputi pretest (tes hasil belajar kognitif awal siswa) dan posttest (tes hasil belajar kognitif akhir siswa). Data yang terkumpul dianalisis secara statistik deskriptif dengan menggunakan pedoman pengkategorian hasil belajar menurut Arikunto dan uji hipotesis secara inferensial dengan menggunakan analisis kovariansi (Anakova) dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran diperoleh nilai p lebih besar dari α 0.05 (p≥0.05) dengan sig. 0,417, kemampuan akademik diperoleh nilai p lebih kecil dari α 0.05 (p≤0.05) dengan sig. 0,008, dan interaksi strategi pembelajaran dan kemampuan akademik diperoleh nilai p lebih besar dari α 0,05 (p≥0,05) dengan sig. 0,131. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan akademik berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa sedangkan strategi pembelajaran QSH dan interaksi antara strategi dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif. Kata kunci: Strategi pembelajaran QSH, kemampuan akademik, hasil belajar kognitif

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 20 Nov 2018 07:32
Last Modified: 18 Jul 2019 05:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11450

Actions (login required)

View Item View Item