PENGELOLAAN E-LEARNING DI SMK NEGERI 1 BULUKUMBA

Alfian, Alfian (2015) PENGELOLAAN E-LEARNING DI SMK NEGERI 1 BULUKUMBA. Jurnal Thesis UNM.

[img]
Preview
Text
Sampul dan halaman judul.pdf

Download (310kB) | Preview

ABSTRAK A l f i a n, 2015. “Pengelolaan E-learning di SMK Negeri 1 Bulukumba Tahun 2014)”. Tesis. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Ismail Tolla; (2) Dr. Sulaeman Samad, M.Si. Teknologi informasi saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat sampai ke dunia pendidikan. Oleh karena itu SMK Negeri 1 Bulukumba juga memanfaatkan teknologi informasi untuk penyelenggaraan proses kegiatan belajar mengajar melalui penerapan e-learning. Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengelolaan e-learning di SMK Negeri 1 Bulukumba, (2) untuk mengetahui kesiapan guru dan peserta didik pembelajaran berbasis e-learning yang dilakukan SMK Negeri 1 Bulukumba , (3) untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat serta langkah yang ditempuh oleh pengelola sekolah untuk mengatasi hambatan pembelajaran berbasis e-learning di SMK Negeri 1 Bulukumba . Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus yang dilakukan di SMK Negeri 1 Bulukumba . Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi lapangan dan mengkaji dokumen yang ada. Dari hasil penelitian diketahui pengelolaan e-learning di SMK Negeri 1 Bulukumba dilaksanakan dengan langkah-langkah penyiapan sumber daya manusia meliputi paradigma dan keahlian tenaga pengelola, penyiapan infrastruktur meliputi komponen perangkat pendukung dan komponen infrastruktur pendukung serta panduan penggunaan. Kesiapan Guru dan Siswa dalam Penerapan e-learning di SMK Negeri 1 Bulukumba masih kurang karena belum meratanya kemampuan dan kapasitas guru dan peserta didik menguasi dan memanfaatkan teknologi informasi. Kendala yang dihadapi dalam pengelolaan pembelajaran berbasis e-learning di SMK Negeri 1 Bulukumba adalah besarnya biaya operasional dan besarnya bandwidth yang diperlukan untuk operasional e-learning, belum meratanya kemampuan guru dan siswa dalam menggunakan teknologi informasi, serta keterbatasan sarana dan prasarana karena mahalnya biaya pengadaan infrastruktur e-learning. Dalam rangka meningkatkan dayaguna dan hasilguna e-learning dalam pembelajaran di SMK Negeri 1 Bulukumba perlu dilakukan evaluasi dan penyempurnaan berkelanjutan. Kata kunci : e-learning, teknologi informasi, pengelolaan pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Nov 2018 08:06
Last Modified: 13 Nov 2018 08:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11431

Actions (login required)

View Item View Item