Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Pengimplementasian Portofolio Berbasis Penilaian Kinerja Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa

KADRIAH, RAEHANA (2014) Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Pengimplementasian Portofolio Berbasis Penilaian Kinerja Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
RAEHANA KADRIAH..docx

Download (14kB)

ABSTRAK RAEHANA KADRIAH. Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Pengimplementasian Portofolio Berbasis Penilaian Kinerja Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa (dibimbing oleh Ruslan dan Asdar). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa dengan mengimplementasikan portofolio berbasis penilaian kinerja matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa dengan banyaknya siswa 50 orang, dan mendeskripsikan kemajuan hasil belajar yang dicapai siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus pada materi pembelajaran jarak pada bangun ruang pada siklus I dan sudut pada bangun ruang pada siklus II. Hasil-hasil yang diperoleh pada pada penelitian ini adalah: (1) terjadi peningkatan aktivitas guru dan aktivitas siswa yang lebih aktif dalam proses pembelajaran matematika, (2) terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran matematika dengan mengembangkan kinerja matematika siswa dalam portofolio sebesar 6,06%, (3) kinerja matematika siswa dalam portofolio yang hasilnya dideskripsikan: terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika sebesar 3,70%, peningkatan kemampuan mengkomunikasikan matematika sebesar 5,00% dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 9,40%, (4) terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 7,59%.   ABSTRACT RAEHANA KADRIAH. Improvement the Quality of Learning through the Implementation of Portofolio Based on Performance Assessment Mathematics to Grade X Students of SMA Negeri 1 Sungguminasa Gowa (supervised by Ruslan and Asdar). This research is a classroom action research phases of planning, action, observation, and reflection. The purpose of this research is to improve the quality of students' learning of mathematics by implementing a portofolio based on performance assessment mathematics to grade X students of SMA Negeri 1 Sungguminasa Gowa with 50 more students, and the learning outcomes that describe the progress achieved grade X students of SMA Negeri 1 Sungguminasa Gowa. Classroom action research was conducted in two cycles on distance learning materials at solid geometry in the first cycle and at the corner of the solid geometry on the second cycle. The results obtained in this research are: (1) an increase in teacher and student activities are more active in the learning process of mathematics, (2) an increase in the quality of the learning process of mathematics by developing students' mathematics performance in a portofolio is 6,06%, (3) mathematics performance of students in a portfolio whose results are described: an increase in the ability of understanding mathematical concepts is 3.70%, an increase of mathematics communication abilities is 5.00% and an increase in mathematical problem-solving abilities is 9.40%, (4) an increase in the average of students' mathematics learning outcomes from the first cycle to the second cycle is 7.59%.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:08
Last Modified: 26 Oct 2016 03:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1137

Actions (login required)

View Item View Item