Komparasi Motivasi dan Hasil Belajar antara Siswa yang Diajar dengan Media Lingkungan dan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika pada Kelas IV SDN 42 Sinjai Selatan

NURLAELAH., NURLAELAH. (2014) Komparasi Motivasi dan Hasil Belajar antara Siswa yang Diajar dengan Media Lingkungan dan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika pada Kelas IV SDN 42 Sinjai Selatan. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Nurlaelah.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK NURLAELAH. Komparasi Motivasi dan Hasil Belajar antara Siswa yang Diajar dengan Media Lingkungan dan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika pada Kelas IV SDN 42 Sinjai Selatan (dibimbing oleh Djadir dan Abdul Rahman). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan peningkatan motivasi dan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan media lingkungan dan siswa yang diajar dengan media gambar pada siswa kelas IV SDN 42 Sinjai Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 42 Sinjai Selatan. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV semester genap tahun pelajaran 2012/2013, yang terdiri dari 2 Kelas. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan simple random sampling. Data tentang aktivitas siswa, aktivitas guru diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa digunakan tes hasil belajar dan pemberian angket di awal dan di akhir pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa, motivasi belajar siswa, aktivitas siswa, serta aktivitas guru dan analisis statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan media lingkungan termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 0,74, (2) peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan media gambar termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 0,70, (3) peningkatan motivasi belajar siswa yang diajar dengan media lingkungan termasuk dalam kategori sedang yaitu sebesar 0,59 ,(4) peningkatan motivasi belajar siswa yang diajar dengan media gambar termasuk dalam kategori sedang yaitu sebesar 0,58. Secara umum dapat disimpulkan bahwa peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan media lingkungan hampir sama dengan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa yang diajar dengan media gambar. Demikian juga pada analisis statistika inferensial menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan peningkatan motivasi dan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan media lingkungan dan siswa yang diajar dengan media gambar. ABSTRACT NURLAELAH. 2013. Comparison of Motivation and Learning Outcomes between Students Taught by Environment Media and the Pictorial Media in Learning Mathematics of Grade IV at SDN 42 South Sinjai (supervised by Djadir and Abdul Rahman). The study was a quasi-experiment research which aimed at examining the differences on the improvement of motivation and learning outcomes between students who were taught by using environment media and the ones taught by pictorial media of grade IV students at SDN 42 South Sinjai. The study was conducted at SDN 42 South Sinjai. The population of the study was grade IV students of the second semester of academic year 2012/2013 which consisted of 2 classes. Samples were selected by employing simple random sampling technique. Data on students’ activity and teachers’ activity obtained by using observation sheet; in order to examine the improvement of learning outcomes and questionnaire given at the beginning and the end of learning were used. data were analyzed by using descriptive statistics analysis to describe students’ learning outcomes, students’ learning motivation, students’ activity and teachers’ activity; whereas, inferential statistic analysis was used to test the hypothesis of the study by t-test. The results of the study revealed that (1) the improvement of Mathematics learning outcomes of students taught by environment media was in high category by 0,74, (2) the improvement of Mathematics learning outcomes of students taught by pictorial media was in high category by 0,70, (3) the improvement of learning motivation of students taught by environment media was in fair category by 0,59, (4) the improvement of learning motivation of students taught by environment media was in fair category by 0,58. The conclusion based on the study was the improvement of motivation and Mathematics learning outcomes of students taught by environment media was almost similar to the improvement of motivation and students’ learning outcomes taught by pictorial media. the inferential statistics analysis also indicated that there was no different on the improvement of motivation and students’ learning outcomes taught by environment media and pictorial media.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:08
Last Modified: 26 Oct 2016 03:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1135

Actions (login required)

View Item View Item